Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Forum Komunikasi Wartawan Kalimantan Timur

Forum Komunikasi Wartawan Kalimantan Timur

Samarinda – Kegiatan Forum Komunikasi Wartawan tahun 2015 yang kedua,kali ini untuk wartawan provinsi Kalimantan Timur yang dilaksanakan di Samarinda, 19-21 Mei 2015. Antusiasme wartawan yang hadir melebihi kuota yang ada. Dari 50 wartawan yang ditargetkan,ada 70 wartawan yang mendaftar. “Sehingga terpaksa kami seleksi dalam penentuan wartawan yang dapat mengikuti peningkatan kapasitas wartawan dalam penanggulangan bencana” ucap Rita Rosita selaku Ketua Panitia yang juga Kepala Bidang Humas BNPB.

Sementara itu dalam sambutannya Kepala BPBD Provinsi Kalimantan Timur, Wahyu Widhi,sangat merespon baik kegiatan yang diselenggarakan BNPB. “Kedepannya kami akan melibatkan wartawan dalam setiap kegiatan BPBD Provinsi Kalimantan Timur,baik kesiapsiagaan, saat tanggap darurat ataupun saat rehab rekon”ucapnya. Hubungan Wapena dengan BPBD akan diteruskan dengan pertemuan forum selanjutnya. “Kami akan menyisihkan anggaran APBD kami untuk bersinergi dengan wartawan”tambahnya.

Materi yang didapatkan peserta sangat beragam. Sesi pertama materi Jurnalisme Peliputan Bencana, Pengurangan Risiko Bencana dan Pembangunan, Penanganan Darurat Bencana.
Sesi kedua materi Pengelolaan DIBI,Inasafe dan Inaware,Potensi Bencana di Kalimantan Timur, serta Penanganan Pasca Bencana.
Materi diisi oleh narasumber yang kompeten di bidangnya,antara lain dari Antara,BNPB,BPBD,Bappenas,BMKG dan moderator dari akademisi Universitas Mulawarman.

Tak hanya teori, praktik lapangan juga diberikan di Polder Air Hitam Samarinda. Pendirian tenda pengungsi, memasak di dapur umum, manajemen water treatment, perahu karet dan evakuasi air,pertolongan pertama dan trauma healing, pengenalan GPS dan mobil komunikasi. Instruktur yang dihadirkan antara lain dari BNPB,BPBD,Tagana,Basarnasdan PMI. Semua wartawan sangat antusias mengikuti forum komunikasi wartawan yang diadakan BNPB dari awal sampai akhir, salam tangguh! (acu).

sumber: bnpb.go.id

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar