Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

APA ITU AWAN CUMULONIMBUS?

APA ITU AWAN CUMULONIMBUS?

Awan Cumulonimbus merupakan musuh utama para pilot.

Cumulonimbus, yaitu Awan sangat tinggi dan besar dengan petir dan hujan lebat disertai angin. Awan ini menciptakan petir melalui jantung awan, terkadang memiliki pusaran dan turbulensi udara kuat. Beberapa pesawat tempur dan komersial pernah menjadi korban. Awan ini berbentuk seperti menara dan berwarna hitam gelap.

Beberapa awan Cumulonimbus memiliki pusaran dan tubulensi yang sangat kuat ditandai dengan kilatan-kilatan petir di inti awan (vortex) sehingga pesawat yang terjebak dan dan terhisap akan hancur berkeping-keping atau dihempaskan dengan cukup sehingga sistem kelistrikan dan pesawat mati. Apabila radar pesawat atau visual pilot melihat ini akan menghindar. Namun sayangnya dalam cuaca esktrim di Indonesia, Awan Menara ini terbentuk tunggal, bahkan dapat muncul di beberapa awan cumulonimbus dalan satu kelompok awan. Kumpulan awan Cumulonimbus ini dalam satu kelompok dapat mengakibatkan hujan petir dengan angin yang kuat bahkan Puting Beliung dapat terbentuk. Kondisi tentu perlu diperhatikan dan dicermati dengan seksama.

Kondisi cuaca esktrim di Indonesia perlu diwaspadai karena potensi pesawat melintasi daerah pembentukan Cumulonimbus. Pengamatan potensi daerah pembentukan awan Cumulonimbus termasuk posisinya terkini ini dapat dilihat pada situs BMKG:
http://satelit.bmkg.go.id/…/image/OCAI/CLC/OCAI_CLC_Indones…

Tips Penerbangan Aman:
Apabila anda melakukan perjalanan dengan pesawat udara silahkan buka situs di atas, apakah rute anda akan melintasi awan Cumulonimbus. Apabila iya tanyakan kepada maskapai penerbangan apakah perjalanan anda aman.
Anda perlu mengetahui bahwa perjalanan anda aman. Apabila anda tidak mendapat penjelasan yang nyaman serta kepastian aman, mintalah perubahan jadwal keberangkatan di mana kondisi menurut info cuaca aman.

SUMBER:

A. Lesto P Kusumo
Koordinator MRC
MITIGATION, RESCUE and CONSERVATION
Merapi Rescue Community
Stasiun MRC

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar