Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Inaware : Alat untuk Memudahkan Pengambilan Keputusan dalam Penanganan Bencana

Inaware : Alat untuk Memudahkan Pengambilan Keputusan dalam Penanganan Bencana
Jakarta – Pusat Data Informasi dan Humas BNPB bekerjasama dengan Pacific Disaster Center (PDC) Hawaii menyelenggarakan pelatihan aplikasi Indonesian All-hazards Warning and Risk Evaluation (InAWARE) yaitu aplikasi untuk pemantauan peringatan dini bencana, kolaborasi dan koordinasi penanggulangan bencana, serta alat untuk memudahkanpengambilan keputusan dalam penanganan bencana. Pelatihan dilakukan dalam 4 tahap, tahap pertama pelatihan untuk pelatih (Train-the-Trainer) di BNPB Jakarta pada 18-21 Mei 2015, Pelatihan untuk pengguna (user) tingkat nasional di BNPB Jakarta pada 22 Mei 2015, pelatihan pengguna provinsi Jawa Tengah di Semarang pada 25-26 Mei dan Pelatihan pengguna Provinsi Sumatera Barat di Padang pada  28-29 Mei 2015. Pelatihan ini melibatkan lebih lebih dari 100 personil dari BNPB, Kementerian dan Lembaga terkait, BPBD Provinsi Sumatera Barat, BPBD Provinsi Jawa Tengah dan BPBD Provinsi Bali.
Pelatihan TtT bertujuan untuk melatih peserta sebagai user admin yang mempunyai kemampuan untuk mengoperasikan InAWARE dan menambahkan kejadian bencana ke dalam sistem serta menularkan pengetahuan (sharing knowledge) yang dimiliki kepada stakeholder kebencanaan. Selanjutnya pada Pelatihan untuk Pengguna (User Training) bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada peserta mengenai cara mendapatkan informasi dan mampu untuk mengoperasikan InAWARE. Pelaksanaan kegiatan Pelatihan untuk Pengguna (User Training) yang diikuti oleh Kementerian/Lembaga, BPBD, NGO, dan internal BNPB ini langsung dipandu oleh trainer dari PDC Hawaii.
InAWARE merupakan program yang telah dilakukan sejak Mei 2013, dan sampai sekarang telah dilakukan beberapa kali pelatihan baik TtT maupun pelatihan untuk pengguna. InAWARE merupakan salah satu aplikasi yang telah dikembangkan oleh BNPB dengan PDC untuk memantau kejadian bencana yang terjadi di Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya. Dengan menggunakan InAWARE semua orang yang telah memiliki user akan dapat memantau kejadian bencana di seluruh Indonesia dan dunia. Tidak hanya kejadian bencana saja, InAWARE mampu untuk memberikan informasi-informasi pendukung yang berkaitan dengan kejadian bencana.
Pelatihan untuk Pengguna ini merupakan bagian dari kegiatan untuk mengenalkan InAWARE kepada masyarakat yang bergerak dalam penanggulangan bencana. Secara khusus tujuan pelatihan ini adalah peserta mampu untuk menggunakan fungsi, mendapatkan pengetahuan praktis penggunaan aplikasi dalam kegiatan operasional dan peserta akan terbiasa dengan jenis data dan informasi geospasial dan non spasial.
Selain melaksanakan Pelatihan untuk Pelatih (Train the Trainer) dan Pelatihan untuk Pengguna (User Training) InAWARE di Jakarta, BNPB juga melaksanakan Pelatihan untuk Pengguna (User Training) di Semarang dan Padang. Pelatihan untuk Pengguna dilaksanakan pada tanggal 25-26 dan 28-29 Mei untuk Semarang dan Padang dengan mengambil tempat di Pusdalops PB Provinsi Jawa Tengah dan Pusdalops PB Provinsi Sumatera Barat.
Sumber: bnpb.go.id

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar