Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

INDONESIA MAMPU LAKUKAN OBSERVASI DI SAMUDERA HINDIA

INDONESIA MAMPU LAKUKAN OBSERVASI DI SAMUDERA HINDIA
JAKARTA-Jumat, (22/5).  Kegiatan pelayaran Indonesia PRIMA ini merupakan suatu misi pelayaran  yang merupakan kerjasama antara BMKG dengan NOAA dan didukung oleh BPPT yang bertujuan untuk melakukan pengamatan cuaca dan iklim di kelautan. Kegiatan ini pertama kali dilakukan oleh BMKG.  Hal ini diutarakan oleh Kepala BMKG, Dr. Andi Eka Sakya, M. Eng didepan media massa  saat penutupan kegiatan pelayaran Indonesia Prima yang telah dilakukan selama satu bulan dari 16 April-15 Mei 2015 dengan menggunakan kapal suvey Baruna Jaya I milik BPPT di Pasifik Place.
Andi Eka mengutarakan bahwa BMKG berencana untuk menyelenggarakan kegiatan Indonesia Prima setiap tahun untuk mendukung observasi dan analisa iklim maritim di Indonesia.
`Kegiatan ini membuktikan bahwa kita dapat mempu melakukan pengamatan di wilayah Samudera Hindia dan  terdapat hal yang menarik dari kegiatan ini adalah adanya konvektif Lautan Hindia yang nantinya ini dapat mengoreksi komputasi cuaca yang kita gunakan saat ini karena selama ini kita menggunakan komputasi cuaca dari negara-negara di lintang tinggi, yaitu  Jepang, Inggris, perancis, dan Australia. Kedepannya kita memiliki produk berupa komputasi cuaca asli Indonesia yang dapat meningkatkan kualitas prediksi cuaca, `tambah Andi Eka.
Sementara Duta Besar AS untuk Indonesia, Dr. Robert O Blake mengutarakan bahwa NOAA sudah menepatkan bouy di 6 negara dan kami mengapresiasi kerjasama ini karena sejalan dengan visi yang diprioritaskan oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo.
Kegiatan ini merupakan hasil dari MoU antara BMKG-NOAA yang telah disepakati pada tahun 2012 lalu, bahwa BMKG melakukan aktivitas layar di Samudera Hindia dengan nama Indonesia Prima. Aktivitas ini merupakan komitmen Indonesia untuk mendukung implementasi kerjasama terkait pelakasanaan Global Ocean Observing System (GOOS).
Kegiatan pelayaran Indoenesia PRIMA ini diikuti 31 peserta dari BMKG, BPPT, NOAA, Dishidros dan Angkatan TNI AL, serta 20 orang kru. (rn/rh).

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar