Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Presiden Berikan Bantuan Rp 6 Milyar untuk Pengungsi Sinabung

Presiden Berikan Bantuan Rp 6 Milyar untuk Pengungsi Sinabung

Presiden Berikan Bantuan Rp 6 Milyar untuk Pengungsi Sinabung

KARO – Aktivitas erupsi Gunung Sinabung masih tinggi. Hampir sepanjang hari (23/6) hujan abu tipis mengguyur sisi selatan-tenggara dari puncak Gunung Sinabung. Jumlah pengungsi 10.184 jiwa (3.030 KK) tersebar di 10 pos pengungsian.

Jumlah pengungsi ini dinamis karena sebagian pengungsi, khususnya laki-laki dewasa, sering kembali ke rumahnya untuk memelihara kebun atau tanaman pertanian. Sebagian juga menginap di sanak saudara atau warga yang berada di dekat pos pengungsian. Rasa gotong royong dan solidaritas masyarakat Karo cukup tinggi membantu para pengungsi.

Untuk memenuhi kebutuhan dasar bagi pengungsi maka Presiden RI telah menyerahkan bantuan kemanusiaan bagi korban erupsi Gunung Sinabung senilai Rp 6 milyar. Bantuan ini diserahkan oleh Kepala BNPB, Syamsul Maarif, kepada Bupati Karo untuk selanjutnya digunakan memenuhi kebutuhan dasar pengungsi di Kabanjahe pada hari Selasa (23/6). Syamsul Maarif menyatakan, “Pemerintah tidak tinggal diam dengan kondisi masyarakat di sekitar Sinabung. Kita tidak tahu sampai kapan erupsi Gunung Sinabung berakhir. Tapi pemerintah akan terus membantu. Sejak erupsi September 2013 hingga sekarang, BNPB telah memberikan bantuan Rp 141,2 milyar kepada Pemda Karo dan masyarakat Sinabung. Tidak perlu erupsi Gunung Sinabung dijadikan bencana nasional sebab Pemda Kabupaten Karo dan Pemda Provinsi Sumatera Utara masih beraktivitas normal. Kecuali jika seperti tsunami Aceh 2004 yang kondisi Pemda dan masyarakat sudah lumpuh total. Jika Pemda terbatas APBD-nya untuk Sinabung, tidak masalah, Pemerintah Pusat akan tetap membantu. Tapi tunjukkan kepemimpinan Bupati, Gubernur dan seluruh perangkatnya untuk menangani masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Sinabung.”

Relokasi bagi korban erupsi Gunung Sinabung akan dipercepat. Saat ini sudah terbangun 112 unit rumah dan pada akhir Agustus 2015 akan diselesaikan keseluruhan 370 unit rumah di Siosar.

Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar