Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Kekeringan Tahunan di Blitar Selatan

Kekeringan Tahunan di Blitar Selatan

Air adalah unsur esensial bagi kehidupan manusia. Ketersediaan air penting untuk menunjang perekonomian dan juga kesehatan masyarakat. Wilayah Blitar bagian selatan, khususnya untuk desa-desa di Kecamatan Panggung Rejo, Bakung dan Wonotirto adalah daerah-daerah yang sering terkena bencana kekeringan karena ketiganya berada di daerah pegunungan kapur. Setiap musim kering, daerah tersebut selalu mengalami krisis air sehingga selalu memerlukan bantuan/suplai air dari pemerintah. Krisis air yang terjadi hampir setiap tahun tentu saja bukan permasalahan yang dapat dianggap remeh. Permasalahan ini menyangkut harkat hidup orang banyak, yakni berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat di daerah yang mengalami kekeringan tersebut.

BPBD telah melakukan beberapa upaya dalam penanganan kekeringan. Upaya dalam bentuk pembuatan dokumen penelitian dan juga teknis kerja langsung ke lapangan untuk penganggulangan. Salah satu upaya yang paling mendasar adalah dokumentasi serta penelitian dan observasi terhadap daerah-daerah rawan kekeringan, yang pada umumnya adalah daerah di selatan sungai Brantas karena daerah di selatan Sungai Brantas merupakan daerah pegunungan kapur. Dokumentasi penelitian dan obeservasi ini dilakukan sebagai dasar penentuan kebijakan bagi pemerintah dalam penanggulangan bencana kekeringan.

Keadaan krisis air menyebabkan turunnya taraf kesehatan bagi masyarakat. Penanggulangan yang dilakukan membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Pembangunan irigasi serta penyuluhan dilakukan secara bertahap dan intensif agar penanggulangan tidak hanya bersifat sementara atau pada kala itu saja, tetapi juga dapat menjadi pencegahan untuk jangka panjang.

Pembangunan sarana pengairan memerlukan strategi dan pertimbangan dalam pemilihan lokasi penempatan. Hal tersebut bertujuan untuk memaksimalkan efektivitas dari sarana bagi masyarakat. Penyuluhan adalah salah satu proses penyadaran bagi masyarakat. Dengan penyuluhan yang intensif diharapkan masyarakat menjadi sadar atas pentingnya sarana pengairan bagi kualitas hidup masyarakat. Masyarakat menjadi ikut andil dalam perawatan dan pemaksimalan sarana pengairan tersebut.

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar