Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Peran Informasi Dalam Penanggulangan Bencana

Peran Informasi Dalam Penanggulangan Bencana

Kabupaten Blitar adalah wilayah dengan potensi bencana yang tinggi, yakni tsunami, gunung meletus, kekeringan, tanah longsor, banjir, gempa, badai, dll. Potensi adanya ancaman tsunami dikarenakan perbatasan langsung dengan Samudra Hindia yang merupakan pertemuan dua lempeng bumi, yakni lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia. Potensi bencana gunung meletus dikarenakan dekat dengan gunung Kelud yang merupakan gunung yang masih aktif dan setiap saat harus dipantau. Bencana kekeringan disebabkan beberapa wilayah Blitar merupakan daerah pegunungan kapur, wilayah dengan debit air yang rendah. Bencana banjir dan tanah longsor dikarenakan hujan yang deras sehingga sungai meluap hingga melewati batasnya.
Berkenaan dengan bencana banjir dan tanah longsor adalah bencana yang seringkali melibatkan tangan manusia di dalamnya. Bencana banjir adalah bencana yang kerap ditemui di daerah aliran sungai (DAS). Sedangkan bencana tanah longsor, selain banyak ditemui di wilayah pegunungan, juga kerap ditemui di DAS. Keduanya kerap terjadi ketika musim penghujan datang. Faktor manusia yang menyebabkan terjadinya kedua bencana ini adalah kurangnya kesadaran terhadap pentingnya menjaga lingkungan di sekitar daerah rawan bencana.
Sarana komunikasi dan informasi sangat dibutuhkan dalam penanganan bencana. Observasi yang dilakukan oleh BPBD Kabupaten Blitar berkaitan dengan banjir dan tanah longsor menunjukkan bahwa dari seratus responden 35 orang menerima informasi tentang bencana, sedangkan 65 orang tidak menerima informasi. Kekhawatiran yang muncul dari data tersebut adalah keterlambatan kesadaran masyarakat dalam menanggapi banjir dan longsor. Bukan rahasia bahwa alam sangat sulit ditebak. Kedatangan bencana alam yang tidak disangka-sangka bisa merugikan orang banyak apabila sebelumnya tidak ditanggapi dengan cermat dan hati-hati.
Sebagai instansi pemerintah dalam penanggulangan bencana, BPBD Kabupaten Blitar berinisiatif untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi mengenai bencana. Salah satu gebrakan terbaru BPBD Kabupaten Blitar adalah menyediakan aplikasi android yang dapat diunduh melalui Google Play. Aplikasi dengan tajuk Simak PRB (Kab Blitar) tersebut menyediakan informasi terkini mengenai keadaan bencana yang tertangkap oleh satelit. Juga mengenai kegiatan-kegiatan dan berbagai hal berkaitan dengan BPBD Kabupaten Blitar.

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar