Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Ancaman Banjir Sungai Badak

Ancaman Banjir Sungai Badak

Tingginya curah hujan di sekitar wilayah Gunung Kelud harus diikuti dengan kewaspadaan. Yang menjadi perhatian utama berkaitan dengan tingginya curah hujan tersebut adalah debit air Sungai Badak. Sungai yang merupakan aliran lahar Gunung kelud ini terbentang sepanjang kurang lebih 15 km dan melewati tiga kecamatan. Ketiga kecamatan tersebut adalah kecamatan Gandusari, Nglegok dan Ponggok.
Tingginya curah hujan tersebut menandakan adanya ancaman banjir bagi warga di sekitar bantaran sungai Badak. Sebagai instansi pemerintah yang melaksanakan penanggulangan bencana, BPBD Kabupaten Blitar membentuk tim untuk memantau permasalahan tersebut. Tim yang dibentuk sejak akhir 2015 ini memantau perkembangan yang terjadi di wilayah bantaran Sungai Badak. Hal ini diperlukan setelah menilik pada tahun 1966 dan 1990 ketika Sungai Badak mengalami banjir bandang dan menimbulkan korban jiwa yang tidak sedikit.
Rapat tim pada 5 Januari 2016 melibatkan 18 orang ahli, jajaran staf dan pimpinan BPBD Kabupaten Blitar. Hal ini menandakan keseriusan akan ancaman banjir Sungai Badak. Rapat kali ini membahas mengenai pengembangan skenario bencana dan juga kebijakan teknis yang diambil ketika terjadi bencana. Yang menjadi pokok persoalan adalah perkiraan area terdampak baik secara fisik maupun sosial dan budaya. Dampak secara fisik meliputi jumlah korban penduduk serta sarana dan prasarana, sedangkan dampak secara sosial dan budaya meliputi pendidikan dan perekonomian.
Penentuan kebijakan mengenai penanggulangan bencana memerlukan banyak pertimbangan karena dampak yang ditimbulkan benar-benar adalah prediksi. Meskipun begitu yang menjadi acuan adalah data historis yang disesuaikan dengan keadaan saat ini. Perkiraan mengenai terjadinya bencana dan kerugian secara detail diharapkan mampu menjadi langkah awal penanggulangan yang efektif. Hal ini tentu saja tidak lepas dari harapan bahwa bencana yang ditakutkan tidak benar-benar terjadi.

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar