Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Gempa 6,7 SR Mengguncang Imphal, India

Gempa 6,7 SR Mengguncang Imphal, India

India – Gempa dengan kekuatan 6,7 SR mengguncang wilayah paling jauh India, yakni Manipur, negara bagian yang terletak di timur laut pada 4 Januari 2016. Dilansir dari laman resmi UNISDR, bahwa Menteri Urusan Dalam Negeri India, Kiren Rijuju bergegas ke tempat kejadian setelah kejadian tersebut dikonfirmasi. Kiren Rijuju bergegas untuk memantau perkembangan yang terjadi dan melakukan pengawasan langsung terhadap usaha penyelamatan yang dilakukan.

Imphal yang notabene merupakan ibukota Manipur memiliki populasi 225.000 jiwa. Gempa yang terjadi menyebabkan beberapa gedung bertingkat roboh dan sembilan orang yang ditemukan tewas. Pihak yang berwenang menguraikan adanya kemungkinan bahwa kerugian bisa saja lebih dari yang ditemukan pada saat itu. hal itu dikarenakan gempa terjadi ketika kebanyakan orang sedang tidur lelap.

Manipur sendiri merupakan negara bagian india yang berbatasan langsung dengan Myanmar, sehingga gempa juga dirasakan di Myanmar, Cina dan Bangladesh.

USGS (US Geographical Survey) menyebutkan bahwa pusat gempa berada pada 29km dari Imphal dengan kedalaman 17km. USGS menambahkan bahwa struktur wilayah tersebut merupakan daerah yang rawan terhadap ancaman gempa.

 

Sumber: UNISDR

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar