Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Wujud Kesiagaan BPBD Kota Kediri Terhadap Ancaman Banjir

Wujud Kesiagaan BPBD Kota Kediri Terhadap Ancaman Banjir

Kediri, 2 Januari 2016 – BPBD Kota Kediri bakal memiliki dua perahu untuk menghadapi ancaman banjir. Salah satu perahu telah dioperasikan di Sungai Brantas, sedangkan perahu kedua direncanakan diterima pada akhir bulan ini. Sungai Brantas ditengarai dapat meluap bila curah hujan meningkat. Banyak warga yang melakukan kegiatan di sekitar sungai hal ini lah yang menjadikan BPBD Kota Kediri berinisiatif dengan pengadaan perahu.

“Kesiapsiagaan bencana, salah satunya banjir bandang dan di Kediri ini memang harus punya perahu di Sungai Brantas,” kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. Hal itu ditengarai karena pada saat ini curah hujan sedang pada titik yang tinggi. BMKG meramalkan bahwa puncak curah hujan adalah pada bulan Januari sampai bulan Februari.

“Ini banyak yang harus dibersihkan dan tanpa perahu juga sulit. Untuk itu, nantinya juga bisa menggunakan perahu itu,” tambah Abdullah Abu Bakar sambil memberi penjelasan mengenai kegunaan perahu untuk membersihkan sampah di Sungai Brantas.

Bapak Syamsul Bahri selaku Kepala BPBD Kota Kediri menjelaskan bahwa Kota Kediri yang dilintasi Sungai Brantas memiliki potensi bencana banjir. Maka dari itu perahu tersebut bisa menjadi penolong ketika ada korban Banjir. Beberapa warga di sekitar sungai Brantas memiliki mata pencarian sebagai penjual jasa penyeberangan dengan perahu yang biasa disebut tambangan. Hal ini bisa menjadi wujud kesiagaan BPBD Kota Kediri dalam menanggapi ancaman banjir.

 

Sumber: antarajatim.com

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar