Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Malawi Berperan Sebagai Pelopor Sendai Framework Bagi Afrika

Malawi Berperan Sebagai Pelopor Sendai Framework Bagi Afrika

Lilongwe, 6 Januari 2016 – Satu tahun yang lalu Malawi terdampak banjir bandang sehingga menimbulkan kerugian yang sangat besar. Hujan deras mengakibatkan Sungai Shire meluap dan membinasakan ladang di sekitarnya. Ladang sepanjang 20 km yang diperkirakan mampu memenuhi kebutuhan warga selama satu tahun musnah tanpa sisa. Warga terdampak banjir terpencar dan sulit untuk dilakukan evakuasi. Kerugian secara material terhitung 81 juta Dolar Amerika.

Trauma terhadap banjir tersebut membuat pemerintah Malawi bergerak dan membentuk kebijakan baru untuk mengantisipasi banjir bandang lainnya. Mereka menjadi pelopor implementasi Sendai Framework dari Afrika. Sendai Framework adalah konferensi yang diadakan oleh beberapa negara dalam hal penurunan risiko bencana. Dalam konferensi tersebut Malawi menyatakan komitmen agar direview oleh beberapa negara tetangga. Negara-negara tentangga yang saat ini tengah melakukan review terhadap Malawi adalah Mozambik, Afrika Selatan dan Zimbabwe.

Review dari negara tetangga dengan ciri budaya dan keadaan iklim dan tanah yang sama menjadi salah satu kunci yang ditetapkan di dalam Sendai Framework. Negara-negara dengan ciri yang sama tersebut diharapkan mampu saling berdiskusi dan saling membandingkan keadaan. Data-data yang didapat dari hasil review akan dikumpulkan hingga menjadi acuan bagi negara lain dalam menentukan kebijakan mengenai penurunan risiko bencana.

Review dari negara lain semacam ini dimulai di Eropa pada 2012 silam. Ketika itu Inggris direview oleh Swedia, Italia dan Finlandia. Masih dalam tahun yang sama Finlandia juga direview oleh Inggris, Austria, Georgia dan Perancis. Maka dari itu Eropa selangkah lebih maju berkenaan dengan penurunan risiko bencana.

Harapan dari review terhadap Malawi ini adalah penilaian terhadap kemungkinan bencana dan kerugiannya. Malawi sebagai objek diharapkan mampu menghadapi kemungkinan bencana, baik lokal maupun nasional.

Sumber: UNISDR

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar