Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Sumatera Barat, Sungai Meluap 271 Rumah Tergenang Banjir

Sumatera Barat, Sungai Meluap 271 Rumah Tergenang Banjir

6 Januari 2016 – Hujan deras mengguyur Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. Menyebabkan banjir menggenangi 271 rumah di tiga nagari, yakni Sungai Lansek 47 rumah (52 KK), Kamang 23 rumah (26 KK) dan Si Aua 201 rumah (221 KK). Banjir yang terjadi pada pukul 02.00 WIB dini hari tersebut dikarenakan luapan dari dua sungai besar di Kecamatan Kamang Baru.

Tim BPBD Kabupaten Sijnjung telah melakukan evakuasi dan pertolongan untuk antisipasi adanya banjir susulan. Partisipasi warga mempercepat proses evakuasi dan pelaksanaan pertolongan. Tidak ada korban jiwa terlaporkan pada banjir tersebut. Sedangkan kerugian material masih dalam proses pendataan. Menurut informasi dari BMKG hujan lebat masih akan mengguyur Sumatera Barat dalam waktu tiga bulan mendatang. Hal ini lah yang membuat BPBD Kabupaten Sijunjung waspada terhadap banjir susulan.

Sementara itu tanah longsor mengakibatkan jalur Sumatera Barat – Riau lumpuh total. Longsor terjadi di kam 159 (sekitar Koto Alam, Kabupaten Limapuluh Kota) dari arah kota Padang menuju Pekanbaru Provinsi Riau. Debit air yang tinggi dipercaya menjadi penyebab longsornya tebing di sisi jalan. Menurut laporan tidak ada korban jiwa, tetapi timbunan sepanjang 10m sempat mengakibatkan lalu lintas lumpuh.

Tim gabungan dari berbagai lembaga ikut serta dalam proses pemulihan. Tim yang terdiri dari BPBD Kabupaten Limapuluh Kota, Tim Fire Rescue, anggota Polres Kabupaten Limapuluh Kota serta jajaran TNI bekerja sama dalam proses pemulihan. Pihak BPBD Kabupaten Limapuluh Kota menghimbau agar warga tetap waspada karena hujan masih akan tetap mengguyur wilayah tersebut.

Sumber: BNPB dan sumbarprov.go.id

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar