Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Bank Dunia Turut Serta Menghadapi Masalah Bencana 2016

Bank Dunia Turut Serta Menghadapi Masalah Bencana 2016

Jakarta, 6 Januari 2017 – Terjadi pertemuan antara Kepala BNPB, Willem Rampangilei dengan pihak Bank Dunia untuk membahas peluang kerjasama pada 2016 ke depan. Seperti yang telah diketahui bahwa Bank Dunia memberikan kontribusi untuk pemulihan pasca bencana tsunami Aceh dan gempa bumi dan erupsi Merapi di Yogyakarta. Kontribusi seperti itu diharapkan mampu diaplikasikan di daerah rawan bencana lain di Indonesia.

Pemulihan yang dilakukan pasca erupsi Merapi dicatat oleh MURI sebagai “Relokasi Permukiman Terbanyak dan Tercepat di Indonesia yang dilakukan melalui pendekatan partisipatif dan tanpa gejolak sosial”. Pemulihan tersebut melibatkan partisipasi masyarakat, BNPB, Kementrian PU, Pemerintah Daerah, dan dukungan dari Bank Dunia serta negara-negara mitra pembangunan internasional. Tercatat bahwa pemulihan yang dilakukan mencakup 3000 keluarga di sekitar Merapi. Pemulihan tersebut juga mencakup relokasi wilayah dan fasilitas hidup bagi para warga yang terdampak. Sedangkan pemulihan yang dilakukan terhadap korban pasca tsunami Aceh adalah dengan penyediaan 300.000 unit bangunan dalam kurun waktu 18 bulan.

Pertemuan antara Kepala BNPB dengan pihak Bank Dunia kali ini membahas pula mengenai karhutla. Seperti yang telah diketahui karhutla yang diperparah karena badai elnino 2015 silam menjadi perhatian khalayak dunia.

“BNPB sedang dipersiapkan upaya pencegahan berbasis masyarakat dalam mengatasi karthutla saat memasuki musim kering yang mungkin terjadi lebih cepat”, papar Willem, dilansir dari laman resmi BNPB.

Bank Dunia telah berkontribusi banyak terhadap pengurangan risiko bencana. Perhatian Bank Dunia terlihat dengan dibentuknya GFDRR (Global Facility for Disaster Reduction and Recovery). Bank Dunia memberikan donasi kepada negara-negara yang membutuhkan bantuan kebencanaan mendekati angka 80 juta Dolar Amerika. Termasuk juga 3juta Dolar Amerika pendapatan Bank Dunia. Donasi tersebut diberikan kepada 89 negara dalam bentuk pelatihan, baik kepada praktisi penanggulangan bencana maupun kepada masyarakat. Dilansir dari laman web resminya, Bank Dunia ikut serta membiayai pelatihan 750 orang praktisi penanggulangan bencana dari Indonesia.

Pada 2016 ini Bank Dunia berharap dapat membantu perkembangan komunitas-komunitas di dunia dalam hal penanggulangan bencana. Salah satunya adalah implementasi dari Sendai Framework. Tahun 2015 merupakan tahun ketika banyak negara mengalami masalah kebencanaan. GFDRR merupakan jawaban dari Bank Dunia untuk membantu negara-negara rawan bencana yang membutuhkan bantuan.

Sumber: BNPB & worldbank.org

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar