Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Badai Berturut-Turut Menghantam, Bagian Utara Inggris Terdampak Banjir

Badai Berturut-Turut Menghantam, Bagian Utara Inggris Terdampak Banjir

Internasional, 5 Januari 2016 – Hujan yang terus menerus mengguyur Inggris sejak 5 Desember 2015 silam membuat 16.000 rumah di terdampak banjir. Pada 12 Desember sungai meluap dan memicu 70 peringatan banjir. Karena hujan deras tersebut, County Cumbria mengalami banjir ketiga dalam waktu kurang dari satu bulan. Pada 25 Desember, peringatan banjir meningkat menjadi 100 di seluruh Inggris dan Wales.

Dikabarkan bahwa badai Desmod dan badai Eva adalah penyebab hujan deras yang memicu banjir tersebut. Pada 30 Desember badai Frank ikut menghantam Skotlandia dan bagian utara Inggris. Hantaman badai selama berturut-turu sejak 25 Desember sampai 4 Januari menyebabkan wilayah Yorkshire, Lancashir, Greater Manchester, Leeds, dan York tergenang dan mengharuskan warganya untuk evakuasi.

Dilansir dari laman resmi BBC, Pemerintah Inggris mengklaim bahwa kerugian memang besar, tetapi yang perlu diperhatikan adalah keberhasilan dalam menyelamatkan 20.000 unit lain dalam banjir kali ini. Pemerintah Inggris menambahkan bahwa penanganan yang dilakukan pihak terkait kali ini terlaksana dengan cepat dan efektif. Melihat keadaan kali ini mereka berencana untuk segera mewujudkan program jangka panjang dalam penanggulangan banjir.

Sementara itu banjir juga melanda wilayah Hunter, New South Wales, Australia. Hujan deras menyebabkan sungai dan danau di wilayah itu meluap dan menggenai Jalan Newcastle. Dilansir dari ABC, bahwa curah hujan pada tahun ini adalah yang paling tinggi yang pernah tercatat. Curah hujan mencapai 237mm dan terjadi selama tiga hari berturut-turut. Selama ini curah hujan paling tinggi hanyalah pada titik 206mm.

Rumah terdampak banjir sebanyak 30 unit dan sekitar 80 warga harus mengungsi. Sedangkan seorang dikabarkan terseret arus ketika menaiki perahu penolong. Warga yang terseret arus tersebut diprediksi akan berada di Brighton pada tengah hari. Banjir ini juga menyebabkan Torryburn, sebuah kota kecil di wilayah tersebut harus terisolasi.

Sumber: BBC & ABC

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar