Saturday, 29/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Kerjasama Negara-Negara Pasifik dalam Peningkatan Tanggap Bencana

Kerjasama Negara-Negara Pasifik dalam Peningkatan Tanggap Bencana

Padang – Kota Padang akan menjadi tuan rumah untuk pertemuan kebencanaan Pacific Partnership 2016. Pacific Partnership diagendakan berlangsung dari tanggal 17 sampai 29 Januari 2016 mendatang. Pertemuan tersebut direncanakan untuk meningkatkan kemampuan tuan rumah dalam menanggulangi bencana. Seperti yang telah diketahui bahwa Indonesia adalah negara yang berada di lingkaran ring of fire Pasifik. Hal itu membuat Indonesia sebagai negara yang rawan terhadap gempa dan erupsi gunung api. Dilansir dari Gosumbar, Padang akan mewakili Indonesia dalam pertemuan tersebut.

Kolonel Nora Leilana berharap dapat melakukan latihan gabungan dengan berbagai kesatuan agar terjadi peningkatan tanggap bencana.

Kita harapkan, semoga semua instansi terkait, seluruh pihak termasuk masyarakat, mendukung kegiatan Pacific Partnership nanti,” ujar Nora, dilansir dari Gosumbar.

Indonesia mengikuti Pacific Partnership sejak tahun 2006 lalu. Pada tahun 2010 menjadi tuan rumah pertama kali lalu secara rutin menjadi tuan rumah setiap dua tahun sekali. Tahun 2010 Maluku menjadi tuan rumah, Sulawesi Utara pada tahun 2012, Nusa Tenggara Barat pada tahun 2014, dan Padang pada tahun 2016 nanti.

Kegiatan yang akan dilakukan adalah metode Pre Deployment Site Survey (PDSS). PDSS mencakup Medical Civic Action Project, latihan bersama KRI dr. Suharso dan USNS Mercy, Engeneering Civic Action Project (Encap), serta Bidang Operasi dan Bidang Force Protection. Khusus untuk Encap akan dilakukan di di beberapa wilayah terpisah yang tujuannya adalah untuk menunjang tanggap bencana. Wilayah-wilayah pelaksanaan Encap antara lain, Desa Pasir Jambak, Desa Sungai Pinang, Desa Sungai Pinang dan Pusat kota Padang.

Wilayah Sumatera memang sedang diguyur hujan deras akhir-akhir ini. Beberapa wilayah telah terdampak banjir dan juga tanah longsor. BMKG menyatakan bahwa memang seluruh Indonesia akan mengalami peningkatan curah hujan yang puncaknya adalah pada bulan Januari dan Februari ini. Pacific Partnership dianggap dapat menjadi salah satu jalan dalam peningkatan tanggap bencana.

Sumber: gosumbar.com

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 2 months ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 2 months ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 2 months ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar