Saturday, 29/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Kekurangan Pangan di Wilayah Pasifik Karena Dampak Tropical Cyclone Pam

Kekurangan Pangan di Wilayah Pasifik Karena Dampak Tropical Cyclone Pam

Pasifik, 8 Januari 2016 – Badai Elnino masih menyisakan dampak yang tidak bisa dipandang remeh. Berbagai macam dampak yang disebabkan oleh badai Elnino terasa di negara-negara Pasifik. Dampak jangka panjang yang terasa adalah rusaknya hasil pertanian. Hal ini menyebabkan beberapa negara harus kesulitan bahan pangan.

OCHA, salah satu badan PBB yang menangani masalah tanggap darurat, melaporkan meninggalnya empat anak di Kepulauan Solomon akibat rotavirus penyebab diare. Laporan menunjukkan bahwa setidaknya ada lebih dari 2000 kasus diare yang tengah terjadi di Kepulauan Solomon saat ini. Menteri Kesehatan Kepulauan Solomon dengan dibantu oleh WHO, UNICEF dan beberapa organisasi lain segera membentuk tim khusus untuk menangani penyebaran diare tersebut.

Badai Elnino membuat perubahan pola cuaca di wilayah Pasifik, yakni curah hujan yang semakin meningkat atau cuaca yang sangat terik. Perubahan ini berisiko bagi masyarakat di 12 negara di wilayah Pasifik yang totalnya mencapai 4,3 juta jiwa. Di Fiji, 67.000 orang mengandalkan bantuan air karena terjadi cuaca terik hingga menimbulkan kekeringan. Di Vanuatu, 90.000 orang masih dalam kondisi pemulihan dan membutuhkan suplai bahan makanan pasca TC Pam. Kepulauan Solomon juga menderita kekurangan bahan pangan karena badai topan, banjir dan kekeringan melanda wilayah tersebut selama 2015.

TC Pam yang menghantam Vanuatu terjadi pada bulan Maret 2015 silam. Badai topan yang terjadi selama 17 hari tersebut menelan 16 korban jiwa. Tetapi yang menjadi sorotan adalah dampak jangka panjang dan jangkauan wilayah yang terdampak. Sumber makanan dan air bersih menjadi hal yang mendesak. Korban mencapai 132.000 orang dan 54.000 di antaranya adalah anak-anak. Beberapa wilayah lain yang juga terkena badai topan tersebut adalah Kepulauan Solomon, Fiji, Kaledonia Baru, Tuvalu dan Selandia Baru. Total bantuan yang diberikan oleh negara-negara penyumbang mendekati 10juta Dolar Amerika, belum lagi suplai air dan beras yang mencapai angka lebih dari 50 ton.

Sumber: reliefweb.int & wikipedia

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 2 months ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 2 months ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 2 months ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar