Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Bromo Memuntahkan Abu, Kemensos Menyiapkan Beras Lebih Dari 100 Ton

Bromo Memuntahkan Abu, Kemensos Menyiapkan Beras Lebih Dari 100 Ton

Malang, 8 Januari 2016 – Abu vulkanik Bromo melayang menuju Malang. Bandara Abdulrahman Saleh tutup karena abu vulkanik yang mengganggu penerbangan. Permukiman penduduk di sebelah barat Gunung Bromo juga dipenuhi dengan tebaran abu. Dikabarkan bahwa abu vulkanik sampai ke Kecamatan Lowokwaru.

Pihak BPBD Kota Malang bergerak cepat dengan membagikan masker di beberapa titik di Kota Malang. Pihak BNPB maupun BPBD terkait memiliki target untuk meningkatkan kesiagaan agar kerugian yang ditanggung tidak separah waktu erupsi Kelud. Ketika erupsi Kelud, Malang juga terkena imbas. Wilayah Ngantang menjadi bagian Kabupaten Malang yang terkena dampak paling berat.

Tenda-tenda pengungsian telah disebar ke beberapa titik, baik dari BNPB, Kemensos, TNI, PMI, maupun Polri. Wilayah yang diperkirakan terkena dampak erupsi adalah Malang, Lumajang, Probolinggo dan Pasuruan. Dilansir oleh laman Metro Tv News, pengungsian Malang diletakkan di Kecamatan Poncokusumo, 15 kilometer dari Bromo. Meskipun telah terjadi erupsi, warga masih melakukan kegiatan normal karena dinilai belum diharuskan untuk mengungsi.

Pihak Kemensos juga memberikan ijin untuk mengambil persedian beras dari Bulog sekiranya terjadi erupsi.

“Silakan ambil cadangan beras di Bulog, kalau 100ton dirasa tidak cukup, bisa ajukan lebih, tidak masalah. Kemensos turun tangan jika tahapan tersebut sudah dilakukan,” Ujar Ibu Khofifah selaku Menteri Sosial.

Letusan Bromo terakhir kali terjadi berturut-turut pada 2010 dan 2011. Letusan terakhir membuat kerusakan yang cukup parah. Hingga kali ini banyak jajaran yang bersiaga dan bahu membahu dalam usaha mengurangi dampak kerusakan seandainya terjadi erupsi lagi.

Sumber: metrotvnews.com

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar