Friday, 28/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Lahar Hujan Gunung Kelud, Tujuh Truk Terseret Arus dan Dua Orang Hilang

Lahar Hujan Gunung Kelud, Tujuh Truk Terseret Arus dan Dua Orang Hilang

Blitar, 9 Januari 2016 – Tujuh truk pengangkut pasir terseret arus lahar hujan akibat hujan deras yang mengguyur lereng Kelud siang hari kemarin (red: 08/01/2016). Peristiwa terjadi di Sungai Kali Putih, tepatnya di Desa Karangrejo Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar. Belasan penambang berhasil menyelamatkan diri.

Disinyalir bahwa para penambang pasir manual mengabaikan EWS dan meneruskan kegiatan penambangan pasir. Tanpa mereka sangka bahwa hujan deras memicu terjadinya lahar hujan yang akhirnya menerjang wilayah kerja mereka. Gelombang lahar mengalir dengan sangat deras, membawa tumpukan material sisa letusan Kelud 2014 silam.

Total terdapat tujuh truk pengangkut pasir yang terseret arus. Gelombang lahar menyeret truk hingga 500 meter dari lokasi parkir. Hingga saat laporan ini dibuat, masih tiga truk yang berhasil dievakuasi. Hari ini petugas berencana melanjutkan evakuasi.

Sementara itu dua orang dikabarkan hilang karena terseret arus di Kecamatan Gandusari. Petugas masih berusaha mencari dan mengira-kira kemungkinan keberadaan keduanya. BPBD Kabupaten Blitar juga telah menurunkan personel dalam membantu proses pencarian.

Sumber: BPBD Kabupaten Blitar

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar