Friday, 28/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Afiliasi DR4 UNDP dan BPBD Blitar Dalam Penyebaran Informasi Kebencanaan

Afiliasi DR4 UNDP dan BPBD Blitar Dalam Penyebaran Informasi Kebencanaan

Blitar, 11 Januari 2016 – BPBD Kabupaten Blitar bekerjasama dengan berbagai lembaga dalam kegiatan pengurangan risiko bencana. Pada pagi ini, dilakukan sosialisasi program SIKK oleh DR4 UNDP sebagai salah satu skema kerjasama dalam Peningkatan Kapasitas BPBD dalam Koordinasi Penanggulangan Bencana. Program ini menyajikan metode penyebaran informasi kebencanaan secara cepat dan mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Komunikasi memang menjadi salah satu pokok dalam penanggulangan bencana. Sedangkan bencana sendiri adalah hal yang tidak bisa diprediksi dengan tepat, kapan dan di mana terjadinya. Perlunya kesiapan dalam segala aspek dan lini memang diperlukan agar dapat menekan kerugian dan dampak setelah terjadi bencana. Maka dari itu, titik berat pada pagi ini adalah integrasi antara metode yang ada pada satuan-satuan terkait dengan tujuan mempermudah akses atau penyebaran informasi bagi masyarakat rawan bencana, lembaga-lembaga terkait dan lain-lain, misalnya relawan, pihak swasta dan donatur .

DR4 (Disaster Risk Reduction Based Rehabilition and Reconstruction) adalah tim dari UNDP yang sedang mengembangkan program SIKK (Sistem Informasi Kebencanaan Kabupaten). Melalui program ini, DR4 mengembangkan layanan bagi masyarakat mengenai masalah kebencanaan. Yang nantinya masyarakat dapat memberikan laporan secara mendetail mengenai suatu kejadian bencana. Selain itu, program ini juga menyebarkan informasi kebencanaan kepada masyarakat Kab. Blitar khususnya. Setidaknya ada dua desa di Kabupaten Blitar yang sudah menjadi uji coba untuk program SIKK ini, antara lain Desa Karangrejo Kec. Gandusari dan Desa Modangan Kec. Nglegok.

Sejalan dengan SIKK, BPBD Kabupaten Blitar juga mengembangkan sistem informasi kebencanaan yang terintegrasi dengan aplikasi Android. Program dengan tajuk “Simak PRB Kab Blitar” memberi informasi mengenai keadaan citra bumi, cuaca, iklim dan gempa terkini yang tertangkap oleh satelit. Program ini juga menyediakan berita aktual mengenai kebencanaan di Kabupaten Blitar, Kegiatan BPBD, informasi kebencanaan nasional serta global.

Direncanakan kedua program tersebut dapat terintegrasi sehingga menyediakan kemudahan komunikasi dalam hal kebencanaan. Dalam hal ini BPBD siap memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. Harapan ke depan tentu saja adalah adanya sinergi antara pusat dan daerah, lembaga-lembaga terkait juga pihak swasta serta relawan dalam menanggulangi bencana. Dengan begitu, Pemerintah Kab. Blitar melalui BPBD Kab. Blitar khususnya dan masyarakat di Kabupaten Blitar pada umumnya memiliki kesiapsiagaan dini dalam menghadapi bencana.

Sumber: BPBD Kab Blitar

Informasi: Dishub Kominfo Kab. Blitar menyediakan ruang penyimpanan data untuk program SIKK, seperti yang disebutkan pada informasi awal bahwa SIKK merupakan hasil afiliasi antara Dishub Kominfo Kab. Blitar dengan BPBD Kab. Blitar.

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

  • cahlanus

    mantab

  • Anis Satuna Dhiroh

    Saya mengapresiasi update berita yang dilakukan admin web BPBD ini. Terkait dengan isi tulisan ini, apakah benar SIKK adalah program dari Kominfo Kabupaten Blitar? Setahu saya, SIKK adalah output dari program kerjasama BPBD Kabupaten Blitar bersama DR4 United Nation Development Programme dalam skema kerjasama Peningkatan Kapasitas BPBD dalam Koordinasi Penanggulangan Bencana. Okey, terus berinovasi ya mimin yang baik. Salam Tangguh untuk Penanggulangan Bencana di Kabupaten Blitar.

    • Terimakasih atas apresiasinya mbak Anis, memang dibenarkan untuk informasi tersebut bahwa SIKK adalah output dari program kerjasama BPBD Kabupaten Blitar bersama DR4 United Nation Development Programme, kami akan segera memperbaiki/ update informasinya sesegera mungkin…Salam Redaksi

    • Untuk informasi terbaru dari tim developers (pengembang) website, sekarang ini dalam website kami sudah tersedia form untuk pengiriman posting/ berita/ artikel lainya, masih dalam tahap white test box, bisa dikunjungi pada url ini: http://bpbdkabblitar.info/intl/submit-to-bpbdblitar/berbagi-informasi
      berikut informasi terkini dari kami, Terimakasih,…Salam Redaksi

  • farid

    terima kasih atas saran dan masukan, untuk kekurangan dan kesalahan atas informasi akan segera dilakukan pembenahan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 2 months ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 2 months ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 2 months ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar