Saturday, 29/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Pertemuan UNDP dan BPBD Kab Blitar, Program Peningkatan Kapasitas BPBD dalam Koordinasi Penanggulangan Bencana

Pertemuan UNDP dan BPBD Kab Blitar, Program Peningkatan Kapasitas BPBD dalam Koordinasi Penanggulangan Bencana

Blitar, 12 Januari 2016 – BPBD dan Dishub Kabupaten Blitar menanggapi positif sosialisasi SIKK (Sistem Informasi Kebencanaan Kabupaten) oleh UNDP (United Nations Development Programme) pada Senin 11 Januari kemarin. Diharapkan bahwa sistem berbasis web yang dikembangkan oleh UNDP dapat berintegrasi dengan program milik BPBD Kabupaten Blitar. SIKK adalah sistem informasi yang dikembangkan oleh UNDP bersama dengan Kominfo yang bertujuan untuk mempermudah jangkauan komunikasi antara pemerintah dengan daerah terdampak bencana.

Pertemuan yang diadakan antara pihak BPBD dengan UNDP pada Senin lalu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas BPBD dalam koordinasi penanggulangan bencana. Pada akhir pertemuan disimpulkan bahwa program SIKK akan bersinergi dengan program SIMAK yang dikembangkan oleh BPBD Kab Blitar. Meskipun menjadi dua sistem yang berbeda, tetapi keduanya memiliki tujuan yang sama, yakni memudahkan komunikasi dalam penanggulangan bencana.

Perkembangan SIMAK sendiri telah mencapai tingkatan yang dianggap memuaskan. Menu-menu yang disuguhkan dalam program berbasis android ini terlihat sederhana, sehingga mudah untuk dioperasikan. Tampilan juga terbilang merepresentasikan konten di dalamnya. Titik kuat SIMAK adalah pantauan terkini dari citra satelit yang merekam perubahan cuaca, gempa, dan status gunung api. Hal ini membuat pihak pemerintah Kabupaten Blitar bersemangat dengan perkembangan yang dicapai oleh BPBD Kab Blitar.

Berbanding lurus dengan SIMAK, SIKK juga mendapat tanggapan yang baik dari masyarakat. Dengan menggunakan metode blasting, yakni penyebaran pesan singkat kepada banyak pengguna ponsel, SIKK memberikan informasi kepada masyarakat yang belum menggunakan teknologi android. Titik kuat SIKK adalah pada menu yang memungkinkan bagi user untuk memberikan laporan mengenai kejadian bencana. Menu ini bisa berguna sebagai dasar ketika melakukan pertolongan pasca bencana.

BPBD Kab Blitar siap mendukung program dan sistem yang sekiranya dapat menunjang penanggulangan bencana. Bagi BPBD Blitar, tujuan utama adalah memberikan pelayanan bagi masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsinya. Dengan siap siaga terhadap segala kemungkinan dan terbuka terhadap perubahan demi kenyamanan masyarakat Kabupaten Blitar dan sekitarnya.

 

Sumber: BPBD Kab Blitar

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 2 months ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 2 months ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 2 months ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar