Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Angin Puting Beliung Menerjang Kecamatan Duampanua, 55 Rumah Rusak

Angin Puting Beliung Menerjang Kecamatan Duampanua, 55 Rumah Rusak

15 Januari 2016 – Sebanyak 55 rumah rusak setelah diterjang oleh angin putting beliung di dua kelurahan di Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan pada sore hari tanggal 14 Januari 2016. Kerusakan yang tercatat masing masing adalah 41 rumah di Kelurahan Lampa dan 14 rumah di Kelurahan Bittoeng.

Dari semua kerusakan tersebut, 38 rumah dinyatakan rusak parah dan 17 rumah dinyatakan rusak ringan. Tidak ada korban jiwa pada bencana angin putting beliung ini.

“Kejadiannya berlangsung sekitar 20 menit yang datang dari selatan menuju utara. Sementara ini tim tanggap darurat bendana dari kabupaten sudah mendata rumah warga yang terkena musibah. Untuk sementara kami memberikan bantuan berupa sembako kepada warga. Untuk bantuan kerusakan rumah, kami sedang melakukan pendataan lebih lanjut. Semoga bisa segera dilaporkan ke kabupaten,” jelas Wakil Bupati Pinrang, Darwis Bastama.

Disebutkan bahwa para warga telah merasakan datangnya angin tersebut setelah melihat banyak capung dan walet yang beterbangan.“Sebelum kejadian, kami sudah melihat ada tanda-tanda alam, seperti capung dan burung walet yang begitu banyak berkumpul di depan kami. Jadi kami warga segera berjaga-jaga. Alhmadulillah, tidak ada korban jiwa, namun kerugian material mencapai ratusan juta rupiah. Kami akan segera menyelesaikan laporan sehingga bantuan berupa perbaikan rumah warga segera terlaksana,” ungkapnya.

Pihak BPBD Kabupaten Pinrang bergegas melakukan pendataan terhadap semua kerugian. Data tersebut akan diproses di kabupaten untuk selanjutnya dapat menjadi pertimbangan bantuan yang akan diberikan.

Tanda-tanda alam yang dilihat warga Kecamatan Duampanua dapat menjadi EWS (Early Warning System) alami. Hal ini menunjukkan bahwa alam juga memberikan tanda-tanda yang dapat dilihat bila manusia jeli dalam memerhatikan. Setidaknya, dengan ikut menjaga alam, kita akan membangkitkan kepekaan terhadap gejala-gejala yang mengikuti perubahan-perubahan di alam sekitar.

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar