Friday, 28/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Simulasi Tanah Longsor, Mencoba Menemukan Metode Pengurangan Risiko Bencana

Simulasi Tanah Longsor, Mencoba Menemukan Metode Pengurangan Risiko Bencana

17 Januari 2016 – Laboratorium Tanah Longsor Laithwaite, Universitas Durham, Inggris sedang melakukan penelitian untuk mengendalikan bencana tanah longsor. Para ilmuwan terkait berusaha memahami penyebab longsor secara tepat. Mereka berencana membuat sebuah peringatan dini yang dapat mengurangi risiko akibat tanah longsor.

Penelitian itu dilakukan dengan mengingat bahwa selama 2015 lalu ada dua peristiwa tanah longsor yang masuk pada 10 bencana paling mematikan. Tanah longsor yang terjadi di Guatemala pada bulan Oktober menelan 627 korban jiwa. Sedangkan tanah longsor di Afghanistan pada bulan April menelan korban 256 jiwa. Dalam kurun tahun 2015, dilaporkan adanya 15 bencana tanah longsor utama yang menelan total korban 1.480 jiwa. Negara-negara terdampak paling parah antara lain: Kolombia, Nepal, Indonesia, Brasil, Tajikistan, dan Burundi.

Dr. Nick Rosser, Ahli dari Durham menyatakan bahwa mayoritas korban tanah longsor ‘hanya’ sekitar 2 – 3 orang, tetapi meskipun begitu tanah longsor tetap merupakan bencana yang harus diperhatikan.

“Kabar baiknya yakni, anda bisa melakukan sesuatu terhadapnya (longsor). Anda bisa memahami kondisi di lokasi tertentu, kemudian melakukan simulasi untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi,” tambah Dr. Nick Rosser.

Penelitian yang dilakukan para ahli di Laboratorium Tanah Longsor Laithwaite difokuskan pada waktu, tempat, dan bagaimana proses tanah longsor. Pada mulanya akan dibuat miniatur yang memiliki karakteristik yang sama dengan beberapa daerah yang pernah terjadi bencana tanah longsor. Dengan menggunakan kamera 3D, akan ditangkap gambar-gambar serta detail-detail yang ada, mencakup arah, jenis gerakan, jenis benturan dan sebagainya. Lalu akan diproses ke dalam digital. Hasil analisis yang dilakukan tersebut diharapkan dapat mewakili keadaan yang nyata, sehinggga dapat dilakukan pengurangan risiko tanah longsor.

Sumber: UNISDR

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 2 months ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 2 months ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar