Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Banjir Surut Pemantauan Tetap Berlanjut

Banjir Surut Pemantauan Tetap Berlanjut

25 Januari 2016 – Pemantauan masih berlanjut meskipun banjir yang terjadi di Sutojayan pekan lalu sudah teratasi. Banjir yang terjadi, terhitung sejak tanggal 18 Januari akhirnya benar-benar surut pada malam tanggal 21. terlihat masih ada genangan air di jalanan, tetapi tidak sampai masuk dan menggenangi rumah warga seperti sebelumnya.

 

Puncak banjir di lingkungan Blimbing dan lingkungan Gondanglegi, kelurahan Sutojayan kemarin membuat aktivitas warga terganggu. Sebanyak lebih dari 400 orang memerlukan bantuan berupa makanan dan air bersih. Penyebabnya adalah tanggul Sungai Kedutnunut tidak mampu menahan air yang melimpah. Hujan dengan intensitas sedang terjadi selama kurang lebih lima jam membuat air sungai meluap.

 

Banjir yang sempat mencapai dada orang dewasa membuat aktivitas warga terganggu. Bantuan datang dari berbagai kesatuan di wilayah Kabupaten Blitar, antara lain: TNI, Polisi, Dinkes, PMI, dan mahasiswa relawan. Kerjasama dilakukan dengan baik dan cepat. Kerjasama tersebut membuat penanganan yang dilakukan tidak mengalami kendala sehingga masyarakat tetap tenang.

 

Meskipun banjir sudah surut, BPBD Kabupaten Blitar masih tetap bersiaga dan melakukan pemantauan berkala sampai tga hari selanjutnya. Hal ini dikarenakan wilayah Blitar dan sekitarnya diramalkan diguyur hujan dengan intensitas sedang-lebat. Juga menjadi kewaspadaan karena sebelumnya dikabarkan dua orang meninggal akibat tersambar petir ketika terjadi hujan lebat disertai petir.

 

Sementara itu, tidak jauh dari Sutojayan, tepatnya di wilayah Margomulyo juga terjadi banjir. Air menggenangi beberapa wilayah, tetapi keadaan masih terbilang kondusif, karena tidak mengharuskan warga mengungsi. Warga dilaporkan masih melakukan kegiatan sebagaimana biasanya.

 

Wilayah selatan Blitar memang sering terjadi banjir bila musim penghujan datang. Hal ini dikarenakan dua kemungkinan yakni jenis tanah kapur yang sulit untuk menyerap air dan juga kontur tanah yang berbukit. Wilayah-wilayah yang berada di cekungan sering terjadi banjir dan tanah longsor.

 

Sumber BPBD Kab Blitar

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar