Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Masalah Banjir, Pemkab. Blitar Cari Solusi Permanen

Masalah Banjir, Pemkab. Blitar Cari Solusi Permanen

Blitar – Senin 22 Februari 2016, Rapat Koordinasi Membahas Penanggulangan Bencana Banjir di Kabupaten Blitar yang dihadiri antara lain oleh Wakil Bupati Blitar, Marhenis, Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Swito Saren Santoso, Dandim 0808, Kapolres Blitar, beberapa Kepala SKPD dan Camat di Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro mencari solusi permanen terkait masalah banjir.

Pemerintah kabupaten Blitar sigap dalam menghadapi bencana, seperti yang belum lama terjadi di daerah Sutojayan beberapa minggu lalu. Daerah ini sudah menjadi langganan bencana Hidrometeorologi. Bencana Hidrometeorologi meliputi aspek cuaca, iklim, dan perubahan iklim termasuk di dalamnya adalah banjir, kekeringan dan angin.Banjir di Sutojayan yang notabene merupakan luapan air sungai dari kali Bogel dan Ubuk Unut dari tahun ke tahun yang selalu terjadi harus mendapat penanganan permanen, hal ini di ungkapkan oleh Bupati Blitar, H.Rijanto.

Terkait hal itu Pemerintah Kabupaten Blitar melakukan koordinasi dengan pihak Badan Pengawasan Daerah Aliran Sungai, dan meminta agar kali Bogel dan Ubuk Unut di bangun kembali sesuai dengan mekanismenya. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Blitar juga meminta pembangungan kembali Sabuk Dam Soso, mengingat Sabuk Dam tersebut sifatnya ganda, menjadi penahan lahar dari Gunung Kelud dan sebagai sarana transportasi.

Sementara itu, Tri Purwaningsih, Perwakilan dari Balai Besar Wilayah Sungai Jawa Timur meminta agar Pemerintah Kabupaten Blitar untuk mengawal proses pembangunan Sabuk Dam tersebut pada tahun 2016. Lanjutnya, untuk bangunan yang sifatnya semi permanen terkait banjir, Pemerintah Kabupaten Blitar disarankan untuk melakukan koordinasi pendanaan dengan Pemerintah Pusat dan kemungkinan baru terealisasi pada tahun 2017.

Sumber : PEMKAB BLITAR

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar