Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Pembuatan Tanggul Darurat, Kolaborasi BPBD, TNI, POLRI, Dan Warga

kerjabakti9
kerjabakti8
kerjabakti7
kerjabakti4
kerjabakti3
kerjabakti2
kerjabakti1
kerjabakti6
kerjabakti5

BPBD Kabupaten Blitar berkolaborasi dengan sejumlah Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polisi Republik Indonesia (POLRI) serta warga masyarakat sekitar sungai Kedut Unut Kecamatan Sutojayan melakukan kerja bakti pembuatan tanggul darurat 7 Februari 2016.

Meluapnya sungai  Kedut Unut mengakibatkan sebagian desa di Kecamatan Sutojayan direndam banjir. BPBD Kabupaten Blitar mengatakan, “Jebolnya sungai Kedut Unut menggenangi kurang lebih 200 KK di dua desa yakni Desa Gondang Legi dan Bacem”. Kerja bakti pembuatan tanggul darurat telah dilakukan oleh kolaborasi BPBD Kabupaten Blitar, TNI, POLRI, dan sejumlah masyarakat sekitar. BPBD Kabupaten Blitar berkolaborasi dengan sejumlah Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polisi Republik Indonesia (POLRI) serta warga masyarakat sekitar sungai Kedut Unut Kecamatan Sutojayan melakukan kerja bakti pembuatan tanggul darurat 7 Februari 2016. Debit air yang meningkat mengakibatkan meluapnya sungai  Kedut Unut, sehingga sebagian desa di Kecamatan Sutojayan direndam banjir. Banyak warga yang panik akibat rumahnya digenangi air luapan dari sungai Kedut Unut.

Pihak BPBD Kabupaten Blitar beserta TNI, POLRI, dengan di bantu warga sekitar segera sigap menghadapi tanggul jebol itu dengan membuat tanggul darurat. BPBD Kabupaten Blitar menjelaskan, “Kerja bakti yang dilakukan mulai tanggal 7 hingga 11 Februari 2016 mengikutsertakan TNI, POLRI dan Masyarakat sekitar”. Dari TNI sebanyak 50 personil, dari POLRI sejumlah 50 personil, serta masyarakat sekitar sungai Kedut Unut sebanyak 350 warga yang ikut membantu membuat tanggul darurat”.

Pembuatan tanggul itu untuk mengantisipasi adanya banjir susulan, sementara tanggul itu berupa sesek (bambu rajut) yang di kaitkan dengan patok – patok kayu dan diperkuat dengan karung yang berisi pasir dengan tujuan meskipun sifatnya sementaran namun tanggul itu kokoh. Ada ratusan karung berisikan pasir yang digunakan untuk tanggul darurat, untuk mengantisipasi luapan air dari sungai Kedut Unut.

Sementara itu, warga yag rumahnya tergenangi oleh luapan air sungai Kedut Unut terpaksa harus mengungsi. BPBD Kabupaten Blitar mendirikan posko di kantor kelurahan Sutojoyan yang diperuntukan bagi siapa saja warga yang rumahnya tergenangi air akibat bencana banjir di Sutojayan.

Selain ikut serta pembuatan tanggul darurat, BPBD Kabupaten Blitar juga membuat dapur umum yang digunakan sebagai penampung konsumsi dan memasak untuk warga yang mengungsi.

 

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar