Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Perlu Kerja Sama, Pelestarian Hutan Kabupaten Blitar

Perlu Kerja Sama, Pelestarian Hutan Kabupaten Blitar

Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar menemukan data kerusakan lahan hutan mencapai 200 hektare dan meminta masyarakat agar ikut berpartisipasi menjaga serta melestarikan lahan dan hutan di wilayah Kabupaten Blitar.

Wilayah Kabupaten Blitar memang tergolong wilayah Kabupaten yang luas. Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Blitar, luas wilayah Kabupaten Blitar ialah 1.588, 79 km2 dan terdapat Sungai Brantas yang membelah wilayah Kabupaten Blitar menjadi dua, yaitu Kawasan Blitar Selatan yang mempunyai luas 689,85 km² dan Kawasan Blitar Utara yang mempunyai luas wilayah 898,94 km2. Dengan luas sedemikian, untuk melakukan pengawasan terhadap lahan dan hutan perlu adanya kerjasama antara pemerintah dengan masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Blitar.

Luas wilyah itu menjadi kendala pengawasan lahan dan hutan secara menyeluruh seperti dikutip dari Pemkab. Blitar, “Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Blitar, Panoto menyatakan, semua pihak harus menyadari bahwa pengawasan lahan sulit dilakukan, mengingat wilayah Kabupaten Blitar sangat luas, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk ikut serta melakukan pengawasan serta melestarikan lahan dan hutan agar tidak terjadi kerusakan yang kian parah. Sebab, hal itu juga menjadi kepentingan umum.

Mengingat bahwa kerusakan hutan juga sering terjadi akibat ulah – ulah orang yang tidak bertanggung jawab seperti misalnya pembalakan hutan secara illegal. Belum lama ini kasus pencurian kayu di Hutan Lindung yang berada di Blitar Selatan, Hutan Kaligambir Kecamatan Panggungrejo dengan bukti 344 potongan kayu jati juga terjadi,  padahal hal tersebut bisa memicu bencana banjir jika musim hujan telah tiba.

Panoto menambahkan, “selain kesadaran masyarakat, diharapkan Pemerintah Kabupaten Blitar juga lebih sering melakukan sosialisasi pentingnya kelestarian hutan untuk kehidupan. Kerja sama antara Pememerintah Kabupaten Blitar dengan Masyarakat sagat diharapkan agar hutan dan lahan di Kabupaten Blitar terjaga, lestari dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Kerja sama itu sangat penting mengingat hutan merupakan kepentingan bersama. Fungsi hutan sangatlah banyak selain mempertebal lapisan ozon karena siklus fotosintesisnya hutan juga sangat bermanfaat bagi manusia sebagai pencegah bencana seperti misalnya bencana banjir dan tanah longsor. Oleh karena itu menjaga dan melestarikan hutan menjadi tanggung jawab bersama antara pemeritah dan masyarakat.

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar