Friday, 28/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Terpaan Puting Beliung Kembali Menghampiri Blitar

Terpaan Puting Beliung Kembali Menghampiri Blitar

Puting beliung yang terjadi Rabu, 30 Maret 2016, hanya berlangsung kurang lebih 10 menit ini, meyebabkan atap puluhan rumah warga rusak, dan menumbangkan pohon di sepanjang Jalan Wilis, Kota Blitar, dan Desa Sumberjo Sanan Kulon Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Hujan deras yang turun sejak pukul 15.00 WIB. diwilayah Blitar sebelah barat itu, menjelang sore semakin tinggi intensitasnya dengan disertai gumpalan awan hitam yang berada diatas Kota Blitar, rupanya awan itu menimbulkan pusaran angin yang mengakibatkan atap rumah warga dan menumbangkan pohon – pohon di dijalan yang terdampak.

Dikutip dari Elshinta, Kepala Bakesbangpol Kota Blitar, Didik Hariyadi mengatakan, wilayah dengan kondisi kerusakan parah ada di dua tempat. Untuk Jl. Wilis Kelurahan Kauman, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar, ada 15 rumah dengan atap rusak dan tak bisa dihuni, sebuah masjid atapnya terbelah dan puluhan pohon kecil serta besar tercerabut sampai akar, sehingga menutup badan jalan. Lokasi parah juga terdata di Jl. Tanjungsari Kel/Kec Sukorejo, dimana 10 rumah atapnya beterbangan dan tumbangnya pohon besar memutuskan kabel listrik di wilayah itu. Untuk pengamanan, PLN langsung mematikan aliran listrik di wilayah itu sampai pembenahan kabel yang putus selesai dikerjakan, dilaporkan Kontributor Elshinta, Erliana Riady, Kamis (31/3).

Tak hanya Kota Blitar, Kabupaten pun ikut terdampak bencana puting beliung tersebut. BPBD Kab, Blitar mendapat laporan bahwa terjadi bencana angin puting beliung dan mengakibatkan kerusakan di Desa Sumberjo Kecamatan Sanan Kulon. Bidang Kedaruratan Bencana dengan membawa personil Tim Reaksi Cepat (TRC) segera mendatangi lokasi guna melakukan evakuasi bencana angin puting beliung tersebut. Lapaoran sementara data BPBD Kab. Blitar, ada 162 jiwa penduduk yang dievakuasi dan diungsikan dikelurahan, maupun dirumah tetangganya yang tidak mengalami kerusakan untuk sementara waktu.

Wilayah Kabupaten Blitar, untuk sementara terdata hanya satu lokasi yang mengalami kerusakan cukup parah yaitu ada 11 rumah warga di Desa Sumberjo Kecamatan Sanan Kulon yaitu, Nurjanah (35) RT 04 RW 06, atap rumah rusak berat. Su’ir RT 04 RW 06, dapur rumah tertimpa pohon. Wahyu (35) RT 02 RW 02, atap rumah rusak berat. Balai Desa Sumberjo rusak berat. Untuk warga yang atap rumah yg mengalami rusak sedang, Maimin (40) RT 04 RW 06. Muji (43) RT 04 RW 06. Hari (40) RT 04 RW 06. Mulyono (40) RT 02 RW 02. Sedangkan atap rumah warga yang mengalami kerusakan ringan, Imam (49) RT 04 RW 06 Ngadipuro. Anto (40) RT 04 RW 06 Ngadipuro. Untuk kewaspadaan BPBD Kab. Blitar menghimbau kepada masyarakat untuk berhati hati saat berkendara dijalan raya saat terjadi hujan deras disertai angin. Hujan deras juga berpengaruh terhadap jarak pandang dan angin kencang degan juga berpotensi menumbangkan pohon – pohon pinggir jalan. Untuk itulah masyarakat harus tetap waspada dan hati – hati.

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 2 months ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 2 months ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 2 months ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar