Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Yogyakarta, Puting Beliung Tewaskan Dua Orang

Yogyakarta, Puting Beliung Tewaskan Dua Orang

Rabu, 30 Maret 2016, tak hanya wilayah Blitar, hujan deras disertai angin kencang dan menjadi bencana angin puting beliung ternyata pada hari yang sama juga terjadi puting beliung di Kota Yogyakarta. Bencana itu mengakibatkan 2 pohon besar di Kebun Binatang Gembira Loka dan menyebabkan 2 orang meninggal dunia akibat tertimpa pohon tersebut.

Dikutip dari Tempo, Korban tewas adalah ibu pemilik warung oleh-oleh yang berada di depan akses pintu keluar bernama Barokah, asal Klaten, Jawa Tengah. Sedangkan satu lagi merupakan anak usia 5 tahun asal Sragen yang merupakan pengunjung kebun binatang tersebut yang sedang berteduh. “Korban tewas dan luka sudah kami evakuasi,” ujar anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DI Yogyakarta, Endro Sambodo.

Endro menuturkan korban tewas diduga tak sempat melarikan diri ketika angin kencang bertiup dan menumbangkan puluhan pohon di kawasan itu. “Maksudnya berteduh di dekat lokasi itu, tapi ada pohon tua besar yang ikut tumbang yang akhirnya mengenai mereka. Selain dua korban tewas, dua warga yang diduga juga pengunjung Kebun Binatang Gembira Loka terluka terkena pohon tumbang. Korban luka langsung dirujuk ke Rumah Sakit Hidayatullah yang berdekatan dengan kompleks kebun binatang tersebut. Sedangkan korban tewas langsung di bawa ke Rumah Sakit dr Sardjito untuk diotopsi.

Sementara itu, angin puting beliung juga membuat hewan – hewan yang ada di kebun binatang Gembira Loka panik. Dikutip dari Okezone, Kandang aman, tapi tadi waktu ada angin kencang, harimau belum dimasukan kandang, untung tidak lepas keluar. Langsung diantisipasi, dimasukan ke kandang,” kata Kepala Yayasan Gembira Loka, GBPH Yudhaningrat. Ia menambahkan, terkait adanya korban jiwa dalam kejadian tersebut, pihaknya siap membiayai pengobatan kepada para korban luka dan santunan kepada korban tewas. “Korban nanti akan diberi santunan. Untuk yang luka-luka diupayakan akan ditanggung semuanya biaya pengobatannya.

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar