Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

BMKG, Jelaskan Isu Tidak Benar Puncak Badai Selatan Jawa

BMKG, Jelaskan Isu Tidak Benar Puncak Badai Selatan Jawa

Isu yang berkembang di masyarakat mengenai Puncak Badai di sisi Selatan Jawa, sehingga membuat publik merasa sangat khawatir, mengingat isu tersebut terkait dengan kejadian bencana yang akan melanda Jawa Bagian Selatan yaitu Puncak Badai Jawa Selatan. Namun hal ini sangat tidak dibenarkan oleh BMKG. Berikut analisis penjelasan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG):

Isu Puncak Badai yang melanda Jawa bagian Selatan sama sekali tidak benar. Peluang kejadian badai tropis (siklon tropis) di perairan sebelah selatan Indonesia untuk bulan Maret adalah 28%. Untuk kondisi saat ini, baik Citra Satelit maupun analisa Model Cuaca Numerik tidak menunjukkan adanya aktifitas Badai Tropis baik di wilayah Selatan Jawa maupun di wilayah manapun di Indonesia dan dalam 3 (tiga) hari ke depan tidak ada aktifitas badai tropis di wilayah Indonesia.

Citra Satelit Himawari pukul 08.10 WIB tanggal 30 Maret 2016 memang menunjukkan adanya awan hujan yang cukup signifikan di wilayah Laut Jawa, Jawa dan perairan selatan Jawa. Di wilayah tersebut teridentifikasi belokan angin yang cukup tajam, sehingga terjadi perlambatan kecepatan angin yang menyebabkan pertumbuhan awan – awan tersebut. Citra Satelit Himawari tidak dapat digunakan untuk memprediksi cuaca ekstrim beberapa hari ke depan.

Pembentukan awan – awan hujan di wilayah Jawa terutama bagian Barat diperkirakan masih akan berlangsung hingga hari Sabtu, 2 April 2016. Sedangkan untuk esok hari (1 April 2016), wilayah Indonesia yang diperkirakan mengalami hujan lebat adalah Banten bagian Selatan, Jawa Barat bagian Selatan, Jawa Tengah bagian Selatan, Yogyakarta bagian Selatan, Jawa Timur bagian Selatan dan Papua bagian Utara

Dengan masih tingginya potensi curah hujan di sebagian besar Jawa, masyarakat dihimbau tetap waspada dan siaga terutama di daerah pantai selatan dan dataran tinggi / pegunungan untuk mengantisipasi kejadian angin kencang, banjir bandang, lahar dingin dan tanah longsor.

Sumber: BMKG

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar