Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Jalur Pendakian Gunung Kerinci Ditutup

Jalur Pendakian Gunung Kerinci Ditutup

Gunung Kerinci merupakan gunung yang terletak di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Sumatera. Gunung Kerinci memiliki ketinggian 3.805 mdpl. Keindahan gunung ini tidak diragukan lagi, menarik wisatawan penggila travelling, tantangan, hiking, maupun mountenering. Selain keindahanya, ketinggian dari Gunung kerinci juga termasuk kedalam salah satu dari ketujuh puncak gunung di Indonesia yang merupakan Seven Summit Indonesian. Namun mulai bualan April 2016 untuk sementara waktu para pecinta keindahan alam belum bisa menikmati Gunung Kerinci, mengingat jalur pendakian Gunung Kerinci resmi ditutup karena status waspada level II.

Sementara itu, dikutip dari Antara, Jalur pendakian Gunung Kerinci di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, ditutup akibat meningkatnya aktifitas gunung berapi selama sepekan terakhir. Minggu, 3 April 2016 Petugas Pos Pendakian Resort 10, Andi mengatakan, “Iya jalur pendakian ditutup total, dan penutupan atas rekomendasi pihak berwenang yakni Pos Pemantauan Gunung Api Kerinci,”. Sebab itu, pihak Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) wilayah seksi I menutup jalur pendakian gunung tertingi di Sumatera itu sampai batas waktu yang belum ditentukan. Bagi wisatawan dan pendaki dari luar daerah yang sudah terlanjur datang untuk melakukan pendakian, akan dialihkan ke Danau Gunung Tujuh yang memiliki ketinggian 1.996 MDPL dan juga dialihkan ke Danau Kaco.

Ketua Pos Pemantauan Gunung Kerinci, Indra mengatakan, gunung tersebut saat ini berada dalam status waspada level II. Aktifitas Gunung Kerinci tersebut meningkat dengan mengeluarkan asap tebal hingga ketinggian 800 meter dari lubang kawah aktif yang cenderung mengarah ke arah barat dan timur. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) wilayah setempat katanya telah mengeluarkan surat peringatan bagi masyarakat di sekitar Gunung Kerinci, pendaki dan wisatawan untuk tidak mendekati gunung dalam radius tiga kilometer dari bibir kawah.

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar