Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Kesigapan Warga, Salah Satu Peran Penanggulangan Bencana

Kesigapan Warga, Salah Satu Peran Penanggulangan Bencana

Kantor Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan di Kecamatan Sananwetan Kota Blitar terbakar pada 3 April 2016. Peristiwa itu terjadi saat pagi hari. Sebagaian banguanan, peralatan musik, dan barang – barang dari bahan kayu hangus terkena kobaran api. Kesiap siagaan warga, karena cepat melaporkan ke petugas pemadam kebakaran, api bisa ditanggulangi sebelum merembet lebih luas.

Dikutip dari Radar, Terbakarnya kantor UPTD yang berada di jalan Bali tersebut terjadi sekitar pukul 06:00 WIB. Asal mula api yang membakar kantor tersebut diduga dari tumpukan kertas yang ada diruangan tengah, kemudian merembet ke barang lain, seperti peralatan musik kesenian, perabot kantor, meja, kursi, dan plafon. “Terbakarnya kantor itu kali pertama diketahui oleh seorang petugas kebersihan  di lingkup Badan Lingkungan Hidup (BLH), yang pagi itu sedang menyapu didepan kantor tersebut,” Ungkap Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bangkesbangkpol) Kota Blitar melalui Kepala UPT Pemadam Kebakaran Haryono. Menurut dia salah seorang saksi mata melihat kepulan asap yang keluar dari ruang tengah Kantor UPTD Pendidikan Sananwetan. Mengetahui hal itu, selanjutnya saksi memeriksa untuk memeriksa kondisi sebenarnya. “Setelah dicek bahwa kepulan asap itu akibat kebakaran, selanjutnya saksi bersama warga melaporkan kejadian itu ke pihak Damkar,”ungkapnya.

Pihaknya mengapresiasi saksi dan warga sekitar yang sigap dengan langsung melaporkan peritistiwa tersebut ke Damkar, sehingga pihak Damkar bisa cepat melakukan tindakan. Hasilnya, mulai berangkat menuju tempat kejadian hingga api padam, pihaknya hanya membutuhkan waktu 30 menit. “cepatnya penanganan yang kami lakukan dalam hal memadamkan api, tidak terlepas dari sigapnya warga yang segera melapor”. Urainya.

Memang, kesiap siagaan dan kesigapan warga sangat membantu kinerja petugas petugas peanggulangan bencana, damkar, maupun SAR terkait peristiwa bencana. Untuk itulah kerjasama dan sinergi anatara warga dengan petugas terkait sangat diharapkan dan terkoordinasi dengan baik, mengingat bahwa suau bencana tak tahu secara pasti kapan terjadinya meskipun sudah ada prediksi – prediksi. Masalah bencana merupakan masalah bersama, kesiap siagaan, waspada, serta upaya – upya antisipasi harus tetap dihidupkan dalam diri masing – masing Warga Negara Republik Indonesia.

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar