Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Pengaruh Cuaca Buruk Bagi Aktivitas Manusia

Pengaruh Cuaca Buruk Bagi Aktivitas Manusia

Pasca Bencana Angin Puting Beliung yang melanda sebagian Kota dan Kabupaten Blitar 30 Maret 2016 masih terasa hingga saat ini. Sebuah atap Los Pasar Loak Kelurahan Kepanjen Kidul menunda perbaikan akibat cuaca belum bersahabat.

Dikutipdari Radar,  Atap Loas yang ambruk merupakan bangunan lama yang sudah dikerjakan sekitar satu tahun yang lalu. Loas tersebut ambruk lantaran tak kuasa menahan terjangan puting beliung yang melanda beberapa titik di Kota Blitar. Namun sampai sekarang los tersebut belum ada perbaikan. Salamun salah seorang warga menjelaskan, ada beberapa hal mengapa Los tersebut belum diperbaiki oleh pihak pengelola. Yakni, pembangunan menunggu cuaca yang memungkinkan. Sebab, sangat riskan jika atap Los yang ambruk itu langsung diperbaiki atau dibangun disaat cuaca belum bersahabat. Jiaka dipaksakan akan berakibat fatal kemungkinan beasr bisa ambruk lagi ketika tejadi hujan lebat disertai angin turun. Meski belum dibangun, menurut dia kondisi tersebut tidak berdampak signifikan bagi pedagang pasar setempat. Pasalnya, Los tersebut jarang digunakan oleh pedagang, baru digunakan jika stok dagangan pedagang agak banyak dan Los itu hanya untuk sekedar memajang sepeda, itupun tidak semua pedagang.

Kepala Kantor Pengelolaan Pasar Daerah Kota Blitar, Arianto mengatakan, pihaknya akan tetap membangun atap Los yang ambruk tersebut. Selain itu juga akan memberbaiki atap Los yang rusak lantaran diterjang bencana puting beliung. Saat ini pihaknya juga membangun Los baru yang berada ditengah (sebelah selatan dari Los yang ambruk). Intinya Los yang ambruk akan tetap diperbaiki agar aktivitas jual beli kembali lancar. Kami masi menunggu cuaca yang mendukung untuk mendirikan atap Los.

Sementara itu, terkait cuaca memang sangat berpengaruh terhadap aktivitas atau kegiatan manusia. Jika cuaca buruk secara otomatis aktivitas manusia juga akan berkurang dibandingkan dengan keadaan cuaca yang baik. Cuaca buruk berupa hujan deras, angin kencang dan gelombang laut tinggi yang melanda sebagian besar wilayah di tanah air akhir – akhir ini harus diwaspadai oleh seluruh lapisan masyarakat. Terkait prakiraan cuaca wilayah Blitar tertanggal 5 April – 6 April menunjukan cuaca hujan sedang, dengan suhu 24 – 33 ºc, kelembapan 60 – 97%, kecepatan angin 25 dengan arah agin menuju Timur, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Masyarakat harus tetap waspada dan berhati – hati saat musim hujan belum memasuki musim kemarau.

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar