Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Bromo, Radius 1 KM Bahaya

Bromo, Radius 1 KM Bahaya

Gunung Bromo kembali mengeluarkan abu vulkanik dan suara gemuruh, Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) menghimbau masyarakat agar tidak masuk zona radius 1 km.

Di kitip dari TNBTS, Sesuai rekomendasi dari PVMBG tentang penurunan status Gunung Bromo menjadi waspada level II, tertanggal 12 Maret 2016 bulan kemarin, masyarakat dan wisatawan dihimbau agar tidak mendekati jarak radius 1 km dari kawah gunung Bromo. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan aktivitas Gunung Bromo. Himbauan ini sangat tepat mengingat hanya beberapa minggu saja aktivitas Gunung Bromo kembali meningkat sejak tiga hari terakhir terhitung mulai 2 April 2016.

Dikutip dari Okezone, Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau agar wisatawan mentaati himbauan PVMBG agar tidak nekat memasuki zona bahaya pada radius 1 kilometer dari bibir kawah.Hasil pengamatan PVMBG di pos pantau Gunung Bromo, statusnya saat ini pada level II atau waspada zona aman pada radius 1 kilometer dari bibir kawah. Namun, sejak tiga hari terakhir aktivitas gunung ini terpantau mengalami peningkatan. Asap putih kecoklatan dengan ketinggian antara 400 hingga 600 meter dari bibir kawah.

Karakteristik Gunung Bromo yang fluktuatif terpantau mengeluarkan abu vulkanis, terdengar suara gemuruh sedang dan asap belerang tercium ringan dari pos pantau. Meski mengeluarkan abu vulkanis, jatuhan material yang mengandung silika tersebut hanya di sekitar kawah atau berada dalam radius 1 kilometer dari bibir kawah. Petugas juga masih saja melihat wisatawan yang bandel memasuki zona bahaya pada radius 1 kilometer dari bibir kawah.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, PVMBG mengimbau agar wisatawan yang berkunjung benar-benar mentaai Himbauan dan tidak memasuki zona bahaya. Bau belerang, abu vulkanis ringan dan suara gemuruh, rentan ganggu kesehatan wisatawan. Meski Gunung Bromo aman, namun hendaknya mentaati peraturan. Mengingat karakteristik gunung ini yang fluktuatif.

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar