Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Kabupaten Barito Kembali Terendam Banjir

Kabupaten Barito Kembali Terendam Banjir

Bencana tidak bisa di pastikan kapan datangnya secara pasti, kita sebagai manusia hanya bisa memprediksi, memprakirakan, megantisipasi, dan menanggulangi. Belum genap satu bulan Kabupaten Barito Kalimantan Tengah kembali di landa banjir yang merendam banyak rumah warganya.

Dikutip dari Tempo, banjir yang terjadi di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, semakin parah, Minggu, 27 Maret 2016. Ketinggian air akibat luapan Sungai Barito itu semakin tinggi hingga 1,5 meter di sejumlah tempat. Perkembangan ini memaksa warga di sekitar bantaran Sungai Barito mengungsi. Adapun warga yang tinggal di Muara Teweh, ibu kota Kabupaten Barito Utara, mulai waswas, banjir sudah mulai menggenangi ibu kota kabupaten setinggi lebih dari setengah meter, diprediksi ketinggian akan bertambah karena hujan terus turun. Dari pengalaman sebelumnya, bila banjir sudah sampai ibu kota kabupaten, kemungkinan debit airnya akan semakin tinggi.

Minggu, 3 April 2016 kemarin dikutip dari Antara, Banjir bandang melanda hampir seluruh wilayah Kecamatan Gunung Timang, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah pada Minggu hingga memutus akses jalan Muara Teweh – Banjarmasin. Banjir disebabkan meluapnya anak Sungai Barito, Sungai Montallat, yang membelah daratan Kecamatan Timang. Seluruhnya 15 dari 16 desa di kecamatan itu terendam dengan ketinggian air bervariasi.

“Banjir bandang ini mulai terjadi Minggu (3/4) siang hingga malam ini. Saat ini akses menuju sejumlah desa mulai terendam banjir dan air terlihat naik secara perlahan,” kata seorang petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Utara, Rizali Hadi, yang ketika dihubungi, Minggu malam.

Banjir merendam sebagian wilayah Desa Kandui ibu kota Kecamatan Gunung Timang, bahkan ruas jalan negara Muara Teweh-Banjarmasin KM60 terendam di tiga titik dengan ketinggian air 30 cm hingga 80 cm. Genangan setinggi 1 – 1,5 meter merendam Desa Pelari, Tongka, Siwau, Payang Ara, Sangkorang, Jaman dan Kandui serta beberapa desa di hilir seperti Desa Malungai, Rarawa, Ketapang, Walur, Baliti dan Majangkan. Banjir yang luas dikhawatirkan akan mengganggu aktivitas warga awal pekan ini antara lain siswa dari sejumlah desa yang hendak mengikuti Ujian Nasional. BPBD telah mendirikan posko banjir di sekitar Puskesmas Kandui guna mengantisipasi meluaskan bencana ini yang merupakan kedua kalinya tahun ini, setelah pada 24 Maret 2016 seluruh desa di Kecamatan Gunung Timang terendam. Di kecamatan lain, Teweh Baru, banjir juga datang Minggu (3/4) pagi sekitar pukul 04.00 WIB dan sempat merendam ratusan rumah warga serta jalan Muara Teweh – Banjarmasin KM27 setinggi paha orang dewasa.

Sementara ini, BPBD Kalimantan Tengah melaporkan melalui Pusdalops PB, terkait laporan situasi harian kepada BNPB tertanggal 6 April 2016, operator mengatakan, hingga sampai saat ini keadaan di Kabupaten Barito masih digenangi banjir.

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar