Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Amerika, Bahaya Perubahan Iklim

Amerika, Bahaya Perubahan Iklim

Bahaya perubahan iklim akan mempengaruhi maklhuk yang ada di planet Bumi, sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat menyebutkan bahwa perubahan iklim berkontribusi terhadap kesehatan manusia dan pada kasus yang parah, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Studi yang merupakan gabungan delapan badan pemerintahan Amerika Serikat tersebut menjadi pemicu meningkatnya kematian dini di Negeri Paman Sam. Utamanya karena gelombang panas. Selain itu, perubahan iklim yang banyak menimbulkan bencana alam masif, seperti angin topan dan banjir, juga berkontribusi terhadap bertambahnya pengidap penyakit mental.

“Kami belum pernah melihat hal ini sebelumnya. Namun perubahan iklim punya efek signifikan terhadap kesehatan masyarakat luas,” kata Dokter Vivek Murthy saat konferensi pers mengenai temuan studi di Gedung Putih.

“Tidak ada sumber tunggal yang bisa kita fokuskan untuk mencegah perubahan iklim. Ada banyak hal yang harus kita perhatikan dan itu saling berhubungan.”

Gelombang panas diprediksi menyebabkan 670 hingga 1300 kematian di Amerika Serikat per tahunnya, selama beberapa tahun terakhir. Hasil studi menyebut kematian prematur akibat gelombang panas diperkirakan meningkat hingga 27 ribu jiwa per tahun pada 2100. Peningkatan itu bahkan melebihi prediksi kematian akibat hipotermia atau udara dingin yang ekstrem.

Selain itu, pemanasan global juga menyebabkan kebakaran hutan dan lahan serta memicu penyebaran serbuk sari, yang bisa mengurangi kualitas udara. Serbuk sari bisa memicu alergi dan gangguan pernapasan, terutama asma. Studi tersebut juga mengungkapkan kualitas udara buruk ditambah suhu udara yang panas menjadi penyebab ratusan hingga ribuan kematian dini, peningkatan kunjungan ke rumah sakit, serta penyakit paru – paru pada 2030.

Kaitan dengan Kesehatan Mental

Penelitian yang dilakukan selama tiga tahun tersebut juga menyebutkan bahwa perubahan iklim bisa menyebabkan penyakit mental. Akibat terlalu sering terpapar cuaca panas, manusia bisa mengalami gangguan stres, depresi, serta kecemasan berlebih.

“Meskipun demikian dibutuhkan penelitian lanjutan untuk mengonfirmasi temuan ini,” ujar Murthy.

Selain itu, kasus epidemi akibat virus yang ditularkan serangga, termasuk nyamuk, juga dipercaya berkaitan dengan perubahan iklim. Meksipun begitu, penelitian tidak secara khusus mengamati keterkaitan wabah virus Zika di Amerika Selatan dengan perubahan cuaca.

Untuk itulah, perlu kiranya kita bisa bekerjasama antar manusia yang menghuni planet bumi dengan mengurangi emisi gas rumah kaca. Seperti misalnya kita mulai dari diri kita sendiri, ketika manusia satu dan manusia seterusnya konsisten dalam hal pengurangan emisi gas rumah kaca, maka itu sudah merupakan salah satu solusi antisipasi perubahan iklim.

Sumber: CNN

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar