Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Wonogiri Diterjang Angin Puting Beliung

Wonogiri Diterjang Angin Puting Beliung

Cuaca tak menentu, dimusim hujan yang demikian sering terjadi hujan deras disertai angin kencang, hal inilah yang berpotensi mengakibatkan suatu bencana, banjir, puting beliung maupun longsor. Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Wonogiri pada Senin, 4 April 2016 membawa angin kencang dan mengakibatkan terjadinya peristiwa bencana angin puting beliung.

Dikutip dari Suara Merdeka, Bencana puting beliung melanda lima dusun di tiga Desa/Kalurahan, dalam dua wilayah kecamatan di Kabupaten Wonogiri. Yakni Kecamatan Giriwoyo dan Baturetno. Menyebabkan puluhan pohon tumbang, ratusan genting berterbangan dan setidak – tidaknya 21 rumah warga rusak.

Warga masyarakat menyebutkan, bencana puting beliung itu datang bersamaan dengan turunnya hujan deras, Senin petang (4/4). ”Anginnya berpusar kencang, membuat penduduk panik,” tutur Yoto.

Penduduk Desa Tawangharjo, Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri ini, menyatakan warga masyarakat panik berhamburan ke luar rumah untuk menyelamatkan diri. ”Warga pada lari ke luar rumah karena takut,” jelas Yudi menimpali.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, menyatakan, bencana puting beliung yang melanda dua wilayah kecamatan (Giriwoyo dan Baturetno) di Kabupaten Wonogiri tersebut, setidak – tidaknya telah merusak 21 rumah warga. ”Tidak ada korban. Tapi dua rumah warga dilaporkan mengalami rusak berat,” tegasnya.

Menurut Bambang Haryanto, bencana puting beliung di Kecamatan Giriwoyo, melanda dua desa di empat dusun. Yakni di Desa Tawangharjo, meliputi Dusun Peto, Pangkah dan Jatirejo. Bencana menyebabkan 15 rumah penduduk rusak, kemudian di Desa Tirtosworo, terjadi di Dusun Tlogobandung, merusak dua rumah warga. Untuk di Kecamatan Baturetno, terjadi di  Dusun Patuk, Desa Batu, yang dampaknya telah merusak 4 rumah warga. ”Pendataan lebih terperinci, masih dilakukan oleh pamong desa,” tegas Bambang Haryanto.

Mantan Camat Selogiri ini, menyebutkan, Selasa (6/4), dilakukan gerakan gotong royong kerja bakti massal. Tujuannya, untuk membantu para korban, utamanya menyingkirkan puing – puing reruntuhan, menyingkirkan pohon yang tumbang, dan membantu membenahi kembali atap rumah yang rusak.

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar