Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Bengkulu, Terjadi Gempa 5,9 SR

Bengkulu, Terjadi Gempa 5,9 SR

Minggu, 10 April 2016, telah terjadi gempa bumi di Provinsi Bengkulu, dengan magnitudo 5,9 Skala Richter. BMKG menyatakan gempa ini tidak berpotensi tsunami, namun masyarakat harus tetap waspada.

Dilansir dari Antara, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melansir gempa bumi berkekuatan 5,9 Skala Richter (SR) mengguncang sebagian wilayah di Provinsi Bengkulu pada Minggu pukul 09.14 WIB dan tidak berpotensi tsunami. Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Fatmawati, Anjasman di Bengkulu mengatakan, pusat gempa dideteksi berada 61 kilometer barat daya Kota Bengkulu, atau 4,32 Lintang Selatan dan 102,09 Bujur Timur.

Gempa dirasakan pada beberapa kabupaten di Provinsi Bengkulu, seperti di Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah dan sebagian wilayah Kabupaten Seluma serta Bengkulu Utara.

Salah seorang warga Kota Bengkulu, Iskandar mengatakan, gempa terasa cukup kuat, sampai mengguncang bangunan rumahnya tetapi tidak merusak bangunan. “Kami sempat cemas, apalagi istri saya sedang dalam keadaan hamil besar,” ucapnya.

Hal senada juga dikatakan warga Kabupaten Bengkulu Tengah, Partini, dia sangat kaget saat terjadi guncangan gempa. “Saya jatuh dalam selokan pulang mencari rumput sapi, pakaian saya basah semua. saya cemas sekali, ini mengingatkan kejadian gempa besar pada tahun 2000 yang menghancurkan rumah warga,” ujarnya

BMKG juga menghimbau masyarakat agar waspada adanya kemungkinan gempa susulan yang akan terjadi, pasca gempa bumi 5,9 SR yang terjadi Minggu tadi. “Untuk kekuatan gempa dan kapan gempa susulannya kita juga belum tahu, sedang dianalisa,” katanya.

Sementara itu, dikutip dari Liputan06, Kepala Satuan tugas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bengkulu Edwar Saputra mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan inventarisir kerusakan dan kerugian yang ditimbulkan akibat peristiwa ini. “Kita sedang mengumpulkan data dan menghubungi semua BPBD kabupaten, bayi laporan lengkapnya kita sampaikan,” ujar Edwar.

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar