Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Tips Saat Terjadi Bencana

Tips Saat Terjadi Bencana

Letusan gunung berapi

Letusan gunung berapi terjadi karena gejala vulkanisme. yaitu peristiwa yang berhubungan dengan naiknya magma dari dalam perut bumi dan keluar hingga bisa menyebabkan bencana seperti banjir larva. Biasanya Sebelum gunung berapi meletus, terdapat tanda-tanda sebagai berikut :

Suhu sekitar kawah naik. sumber air banyak yang mengering, terasa adanya gempa bumi (vulkanik), binatang yang ada di atas gunung tersebut banyak yang berpindah menuruni lereng karena terasa panas, sering terdengar suara gemuruh dari dalam gunung.

Bila ada tanda – tanda gunung berapi akan meletus, ada beberapa antisipasi (usaha)untuk mengurangi bahaya dari bencana tersebut, antara lain:

  1. Melakukan komunikasi dengan pemantau gunung berapi, misalnya saja dipos gardu pantu, atau kontak langsung dengan Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) setempat terkait hal aktivitas gunung berapi yang hendak meletus.
  2. Kemasi barang – barang yang berharga termasuk dokumen – dokumen berharga
  3. Ikuti panduan atau pengarahan dari petugas pengamanan pengungsian, misal BPBD, Basarnas, PMI, Polri, TNI, atau relawan yang bergabung dalam tugas kemanusian proses evakuasi pengungsi.

Membuat terowongan-terowongan air pada kepundan (kawah) yang berdanau. Contohnya: terowongan di Gunung Kelud. Menyebarkan informasi dan memberi peringatan dini dari hasil pemantauan pos – pos pengamatan gunung berapi. mengungsikan penduduk yang bertempat tinggal di lereng-lereng gunung berapi yang akan meletus.

Gempa bumi

Gempa bumi adalah gejala pelepasan energi berupa gelombang yang menjalar ke permukaan bumi akibat adanya gangguan di kerak bumi (patah, runtuh, atau hancur). Gempa bumi merupakan bencana alam yang sering melanda wilayah Indonesia, hal ini terjadi karena Indonesia dilalui oleh dua lempeng bumi, yaitu lempeng Mediterania (Alpen-Himalaya) dan lempeng Pasifik. Sampai sekarang manusia belum dapat meramalkan kapan suatu gempa akan terjadi. Besar kecilnya bencana yang terjadi sangat tergantung pada kekuatan (magnitudo) gempa itu sendiri serta kondisi daerah yang terkena gempa itu. Alat pengukur gempa bumi disebut seismograf, yang dinyatakan dalam skala Richter.

Antisipasi yang harus dilakukan bagi masyarakat luas adalah apa dan bagaimana cara menghadapi kejadian gempa, pada saat dan sesudah gempa terjadi. Beberapa saran dalam menghadapi kejadian gempa adalah sebagai berikut:

Sebelum terjadi gempa

  1. Mengetahui secara teliti jalan – jalan keluar masuk dalam keadaan darurat di mana pun kita berada. Ingat gempa dapat terjadi sewaktu – waktu
  2. Meletakkan barang – barang yang berat di tempat yang stabil dan tidak tergantung
  3. Matikan segera lampu, kompor minyak atau gas serta listrik agar terhindar dari bahaya kebakaran.

Saat terjadi gempa

  1. Jika berada di dalam ruangan: diamlah sejenak, jangan panik dan segeralah keluar dari bangunan. Jauhi tempat – tempat yang mungkin mengakibatkan luka seperti kaca, pipa gas atau benda – benda tergantung yang mungkin akan jatuh menimpa.
  2. Jika berada di luar rumah: tinggallah atau carilah tempat yang bebas dari bangunan-bangunan, pohon atau dinding. Jangan memasuki bangunan meskipun getaran gempa sudah berhenti karena tidak mustahil runtuhan bangunan masih dapat terjadi atau gempa susulan akan terjadi.
  3. Jika berada di tengah keramaian: janganlah turut berdesak – desakan mencari jalan keluar, meskipun orang – orang yang panik mempunyai keinginan yang sama. Carilah tempat yang tidak akan kejatuhan runtuhan.
  4. Jika berada dalam bangunan tinggi: secepatnya mencari perlindungan dan jauhilah jendela atau dinding luar bangunan. Tetaplah berada di lantai di mana kamu berada ketika gempa terjadi, dan jangan gunakan elevator atau lift yang ada, ketika gempa selesai cepatlah turun menggunakan tangga darurat (bukan elevator).
  5. Jika sedang mengendarai kendaraan: hentikan kendaraan anda dan tetaplah berada di dalam mobil dan pinggirkanlah mobil anda. Jangan berhenti di atas jembatan, atau di bawah jalan layang. Jika gempa sudah berhenti, janganlah langsung melintasi jalan layang atau jembatan yang membentang, sebelum dipastikan kondisinya aman.

Setelah terjadi gempa

  1. Tetap menggunakan alas kaki untuk menghindari pecahan – pecahan kaca atau bahan – bahan yang merusak kaki
  2. Periksalah apakah anda mendapat luka yang memerlukan perawatan segera
  3. Periksalah aliran/pipa gas yang ada apakah terjadi kebocoran. Jika tercium bau gas usahakan segera menutup sumbernya dan jangan sekali – kali menyalakan api dan merokok
  4. Periksalah kerusakan yang mungkin terjadi pada bangunan anda
  5. Dengarkan informasi melalui televisi, radio, telepon yang biasanya disiarkan oleh pemerintah, bila hal ini memungkinkan, bila tidak kontak BPBD, atau BMKG setempat untuk menanyakan informasi gempa tersebut, apakan ada tanda2 susulan gempa, berpotensi tsunami apa tidak, ataukah sudah aman.

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar