Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Peran BMKG Dalam Penanganan Karhutla

Peran BMKG Dalam Penanganan Karhutla

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merupakan salah satu badan yang berperan penting untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi di Indonesia. BMKG bisa mendeteksi titik hospot dimana titik – titik panas tersebut berada, dan melihat apakah berpotensi terbakaratau tidaknya. Dari proses pengamatan ini selanjutnya bisa diknfirmasikan ke instansi – instansi terkait untuk ditindak lanjuti.

Seperti dikutip dari BMKG, Apel tersebut diikuti berbagai unsur yang terdiri dari PEMDA Ketapang, POLRES, KODIM 1203, BMKG, Manggala Agni, BPK, Polhut, Camat, Kades, Polsek, Koramil, pihak perusahaan dan masyarakat. Dengan acara ini diharapkan agar bencana asap tahun 2015 tidak terulang kembali di tahun ini mengingat kabupaten Ketapang merupakan wilayah yang sangat rawan untuk  terjadi kebakaran. Masyarakat juga dihimbau untuk tidak membuka lahan pertanian baik kebun maupun lainnya dengan cara membakar hutan.

Pada acara ini juga dilakukan penandatanganan komitmen pencegahan KARHHUTLA  antara Bupati Ketapang, Kaporlres, Dandim 1203, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri dan Pimpinan Perusahaan yang berada di daerah rawan kebakaran.

Stasiun Meteorologi Rahadi Osman Ketapang berperan dalam pelaksanaan sebagai inisiasi dan narasumber dari pelaksanaan pelatihan pengendalian KaRHUTLA di markas Manggala Agni Ketapang,  dengan para peserta komandan regu Satgas dan mandor jaga perkebunan dari desa desa di sekitar wilayah Hutan Tanaman Industri serta Satgas desa desa di wilayah kabupaten Ketapang.

Di saat yang sama, Kepala Stasiun Meteorologi Rahadi Osman Ketapang, Bpk. Nur Alim, S.Si menginformasikan bahwa musim kemarau di Kabupaten Ketapang pada tahun ini secara umum akan mulai terjadi pada Bulan Juni, akan mulai merata pada Bulan Juli dan puncaknya pada Bulan Agustus dan September.  Namun permulaan musim kemarau berbeda-beda untuk setiap wilayah.

Evaluasi pelaksanaan Apel Besar dan Gladi Ruang Pengendalian KARHUTLA dilakukan dengan biaya murni dari sharing antara Perusahaan Swasta Perkebuanan yang ada di Ketapang.

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar