Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Tebing Longsor, Putus Akses Jalan Antar Kecamatan

Longsor Suru2
Longsor Suru1
Longsor Suru3
Longsor Suru4

Kecamatan Doko Kabupetan Blitar kembali dilanda longsor, akibat hujan deras pada Kamis, 14 April 2016, Longsor terjadi di Desa Suru, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar. Material tanah dalam jumlah besar memblokir badan jalan yang menghubungkan Kecamatan Doko dengan Kecamatan Wlingi.

Kepala Seksi Kedaruratan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar, Ganef Rahmawanto menjelaskan bahwa “bukit yang berada di kawasan Doko berkarakter gerak, sehingga hujan deras yang turun begitu lama memicu terjadinya longsoran tanah di area perbukitan tersebut”. Letak geografis wilayah Kcamatan Doko memang memiliki ketinggian dan kemiringan tanah yang cukup tinggi mengingat wilayah tersebut berada di kaki gunung Kelud dan kaki Pegunungan Kawi, jadi jika musim hujan telah tiba wilayah ini memang sering terjadi bencana tanah longsor.

Saat kejadian, akses jalan Kecamatan Doko menuju Kecamatan Wlingi terputus total. Beberapa pohon tumbang dan material yang longsor menutupi seluruh badan jaalan. Upaya BPBD bersama aparat kepolisian, TNI, dan masyarakat setempat telah bahu membahu menyingkirkan material yang mengubur jalan pada Jum’at 15 April 2016. Kerja bakti yang dilakukan akhirnya berhasil membuka kembali akses jalan Kecamatan Doko – Kecamatan Wlingi.

Sementara itu, Kepala Seksi Kedaruratan Ganef Rahmawanto, menambahkan selain wilayah Kecamatan Doko dan Kecamatan Wlingi, ancaman longsor di musim penghujan juga rawan terjadi di wilayah Kecamatan Panggungrejo. Sebab sebagian besar tanah di kawasan itu berkarakter labil dan gampang bergerak. “Kita menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada”

BPBD Kabupaten Blitar menghimbau kepada masyarakat agar berhati – hati dan tetap waspada, mengingat musim hujan belum selesai dan saat musim hujan seperti ini biasanya memicu terjadinya bencana seperti banjir, longsor, maupun angin puting beliung, untuk itulah kehati – hatian dan kewaspadaan sangatlah penting.

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar