Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Meksiko, Ledakan Kilang Minyak Tewaskan Sejumlah Orang

Meksiko, Ledakan Kilang Minyak Tewaskan Sejumlah Orang

Sebuah ledakan besar di fasilitas minyak di Veracruz, sebuah negara bagian di tenggara Meksiko menewaskan sedikitnya tiga orang dan melukai 136 lainnya. Ledakan itu menghantam fasilitas milik Pemex, perusahaan minyak negara Meksiko, Pemex, di kota pelabuhan Coatzacoalcos. Ratusan orang telah dievakuasi dan sekolah ditutup. Rekaman menunjukkan api yang berkobar besar dan asap yang membumbung. Penyebab ledakan itu belum jelas. Beberapa tahun terakhir ini, dilaporkan terjadi berbagai ledakan di fasilitas Pemex.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 15.15 waktu setempat (02:15 WIB), kata Pemex dalam sebuah pernyataan. Gubernur negara bagian Veracruz Javier Duarte mengatakan kepada stasiun radio ledakan itu terasa dari jarak 10km.

Pemex menyebut, api sudah bisa dikendalikan menjelang malam. Warga disarankan untuk tinggal di dalam rumah karena kemungkinan adanya sifat toksik dari asap hasil ledakan itu, tapi Pemex mengatakan asap menghilang dengan cepat, mengurangi kemungkinan dampak udara beracun. Dari 136 orang luka-luka, 88 dirawat di rumah sakit, 13 di antaranya berada dalam kondisi serius, kata Pemex.

Pemex mengatakan bagian dari pabrik yang meledak itu dikelola oleh anak perusahaan, Mexichem. Associated Press melaporkan bahwa kilang itu menghasilkan vinil klorida, bahan kimia berbahaya yang digunakan untuk membuat pipa PVC dan bahan kemasan.

Ekspor minyak dari kilang ini, salah satu terminal distribusi minyak terbesar di Meksiko, tidak akan terpengaruh, tambah perusahaan. Pada bulan September 2012, sebuah ledakan yang diikuti kebakaran terjadi di sebuah pabrik gas di negara bagian Tamaulipas yang menewaskan 33 orang.

Markas Pemex sendiri di Mexico City pernah terkena ledakan gas besar pada bulan Januari 2013, menewaskan 37 orang. Sejumlah kebakaran juga melanda kilang perusahaan itu di Teluk Meksiko tahun lalu, dan dalam kebakaran lain di pabrik Veracruz pada bulan Februari lalu seorang pekerja tewas.

Sumber: BBC Indonesia

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar