Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Musim Hujan Tak Kunjung Usai, Banjir Terus Melanda

Sumber Peta: BNPB
Sumber Peta: BNPB

Hujan deras mengakibatkan bencana banjir di beberapa daerah di Indonesia, Provinsi Jambi, dan Manokwari, Papua Barat selama sepekan ini terus diguyur hujan dengan intensitas yang tinggi. Hal ini mengakibatkan beberapa daerah di dua wilayah tersebut terendam banjir.

Di kutip dari BNPB, Bencana banjir juga menimpa Provinsi Jambi. Kejadian mulai terjadi pada hari Jumat (22/4), Pukul. 21.45 Wib. Banjir kali ini berlokasi di beberapa tempat di Kabupaten Sarolangun, Kecamaran Batang Asai, tepatnya di Desa Raden Anom, Desa Pekan Gedang, Desa Peniban Baru, Desa Danto Panjang, Desa Tangkui.

BPBD Kabupaten Sarolangun yang datang ke tempat kejadian tidak menemukan korban jiwa. Hingga saat ini telah terhitung kerugian materil sebagai berikut: 4 unit rumah hanyut, 6 unit rumah rusak berat, 51 unit rumah terendam dengan tinggi banjir 1-2 m.

Kronologis kejadian di akibatkan hujan deras dan meluapnya Sungai Batang Asai. Upaya yang telah dilakukan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Sarolangun melakukan assessment dan droping bantuan logistik. Kebutuhan mendesak yang dibutuhkan hingga saat ini adalah peralatan evakuasi, pendirian tempat pengungsian, makanan siap saji, tikar, air bersih dan peralatan dapur untuk memasak .

Sementara itu, dilansir dari Antara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manokwari, Papua Barat menetapkan status tanggap darurat atas bencana banjir bandang yang melanda beberapa lokasi di daerah ini. Kepala BPBD Manokwari Raymond Yap di Manokwari, Senin, mengatakan, hujan yang mengguyur Manokwari selama sepekan lalu, membuat beberapa sungai di daerah ini meluap.  Arus dan luapan sungai itu menyebabkan sejumlah fasilitas publik dan fasilitas pribadi rusak.

“Penetapan status tanggap darurat ini sudah mendapat pertimbangan dan keputusan bupati. Sekarang yang kita lakukan adalah pananganan yang maksimal, sejak pertengahan April intensitas hujan di Manokwari meningkat dan diperkirakan curah hujan di daerah ini masih tinggi dalam beberapa hari ke depan.

Banjir di Manokwari pekan lalu menimpa warga di sejumlah lokasi antara lain kompleks Transito, Kampung Tanimbar dan Kampung Bugis, Kelurahan Wosi, Manokwari Barat, setelah air Sungai Wosi meluap. Sabtu pekan lalu banjir juga menerjang kampung Warikon Distrik Masni sehingga merendam puluhan rumah sampai ketinggian sekitar 1,5 meter.

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar