Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Pantauan BPBD, Banjir Karawang Mulai Surut

Pantauan BPBD, Banjir Karawang Mulai Surut

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyatakan, banjir yang terjadi selama tiga hari terakhir di beberapa desa sudah mulai surut, warga sudah mulai membersihkan rumah – rumah mereka dari sisa sisa sampah akibat banjir.

Desa Karang Linggar, Teluk Jambe Barat, Karawang, Jawa Barat, mengalami banjir akibat meluapnya Sungai Citarum dan Sungai Cibeet pada Jum’at 22 April 2106 kemarin. Seperti dikutip dari Detik, Kapolres Karawang AKBP AM Dicky Pastika Gading mengatakan, pantauan terakhir di RW 1 Desa Karang Linggar, Teluk Jambe Barat, kedalaman banjir mencapai 1,5 meter. Total rumah warga yang terendam ada 308 kk.

Lokasi banjir ini berbatasan dengan Kabupaten Bekasi dan berada di bantaran pertemuan dua sungai, yakni Citarum dan Cibeet. Sejak Kamis (21/4) jajaran Polres Karawang telah menyiagakan personel bersama-sama pemda, BPBD, kodim, PMI dan ormas untuk mengantisipasi banjir kiriman dari hulu.

“Ini mengingat di sepanjang bantaran Sungai Citarum ada beberapa daerah di mana tanggul sungai lebih tinggi dari daratan,” jelas Dicky. Siaga II telah diterapkan diikuti dengan menyiapkan tempat penampungan, posko kesehatan, dapur umum, perahu karet dan logistik, termasuk mengaktifkan ronda mengantisipasi banjir kiriman dari hulu yang memakan waktu 8-10 jam bila mencapai Karawang.

Sementara itu, kabar terbaru di lansir dari Antara, “Sebagian titik banjir memang mulai surut, dan warga yang sebelumnya mengungsi juga sudah mulai kembali ke rumahnya masing-masing,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat Asip Suhendar, di Karawang, Minggu, 24 April 2016

Di antara titik banjir yang sudah surut ialah di Desa Karangligar dan Parungsari Kecamatan Telukjambe Barat serta di Kelurahan Karawang Tanjungmekar, Karawang Kulon, Tanjungpura dan Kelurahan Nagasari Kecamatan Karawang Barat.

Ia mengatakan, banjir di desa-desa itu sudah mulai surut, karena tinggi muka air di sungai CIbeet sudah mulai berkurang. Sebelumnya pihaknya mencatat terdapat sejumlah desa di empat kecamatan yang dilanda banjir akibat meluapnya dua sungai besar di Karawang, yakni sungai Cibeet dan Citarum. Sampai saat ini memang ada daerah yang banjir sudah mulai surut. Tetapi di daerah lain, masih ada beberapa desa yang masih terendam banjir.

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar