Friday, 4/8/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Menkes Himbau Lestarikan Bakau Sebagai Penanggulangan Malaria

Menkes Himbau Lestarikan Bakau Sebagai Penanggulangan Malaria

Menteri Kesehatan Himbau kepada masyarakat agar meletarikan ekosistem hutan bakau di pesisir sebagai rumah nyamuk pembawa virus malaria, mengingat musim penghujan seperti ini wabah penyakit begitu banyak salah satunya virus malaria dan demam berdarah.

Menteri Kesehatan, Nila Moeloek, mengatakan salah satu cara menanggulangi penularan malaria adalah melestarikan ekosistem hutan bakau di pesisir sebagai “rumah” nyamukAnopheles aegyptii, pembawa virus malaria.

“Kalau rumahnya terganggu maka nyamuk Anopheles akan pindah ke permukiman warga, karena itu lestarikan mangrove,” kata Moeloek, saat menghadiri peringatan Hari Malaria Sedunia, di Kabupaten Seluma, Bengkulu, Senin.

Pelestarian lingkungan termasuk ekosistem hutan bakau yang tumbuh di pesisir harus dijaga untuk mengendalikan penyakit malaria. Mengendalikan malaria, kata dia, sangat berkorelasi dengan kebersihan lingkungan dan menjaga kesehatan tubuh. “Nyamuk sekecil itu bisa menyebabkan kematian karena itu kita harus menjaga kebersihan dan stamina tubuh,” ucapnya.

Dia juga mengingatkan warga menggunakan kelambu saat tidur sebab nyamukAnopheles aegyptii menusuk dan menghisap darah manusia saat malam hari. Karena itu, pembagian kelambu kepada warga kata dia, merupakan salah satu fokus program Kementerian Kesehatan untuk mengendalikan malaria. Puncak Hari Malaria Sedunia diisi berbagai kegiatan. Mulai pemeriksaan massal darah dan pembagian obat malaria, serta pembagian dan pemasangan kelambu kepada warga.

Menkes dalam kesempatan itu juga menyerahkan sertifikat eliminasi malaria kepada kepala daerah enam kabupaten dan kota yakni Kabupaten Siak, Kabupaten Karimun, Buol, Sigi, Buton Utara, dan Bau-bau.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Mohamad Subuh, menyebutkan, saat ini dari 514 kabupaten kota, 232 kabupaten dan kota yang bertatus eliminasi malaria. Masih ada lima provinsi yang merupakan endemis tertinggi malaria yakni Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur.

Sementara di Bengkulu, dari 10 kabupaten dan kota, tiga kabupaten bebas malaria yakni Kabupaten Rejanglebong, Lebong dan Kepahiang. Sedangkan tujuh kabupaten dan kota lainnya yakni Mukomuko, Bengkulu Utara, Seluma, Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah, Bengkulu Selatan dan Kaur masih berstatus pengendalian intensifikasi atau berada pada posisi endemisitas malaria sedang.

Sumber: Antara

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 2 months ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 2 months ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 2 months ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar