Saturday, 29/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Ekuador, Korban Gempa Capai 646 Jiwa Tak Berpotensi Tsunami Di Indonesia

Ekuador, Korban Gempa Capai 646 Jiwa Tak Berpotensi Tsunami Di Indonesia

Korban jiwa di Ekuador telah mencapai 646 orang sepekan setelah gempa berkekuatan 7,8 pada skala Richter mengguncang negara tersebut, kata Presiden Rafael Correa. Jumlah tersebut amat mungkin bertambah sebab, menurut Correa, masih ada 130 orang lainnya yang hilang.

“Ini adalah hari-hari yang menyedihkan untuk Tanah Air. Negara ini dalam krisis dan merupakan sebuah tragedi nasional, namun kita akan kembali pulih,” ujar Correa dalam pidato yang disiarkan stasiun televisi”.

Pada pidato itu pula, Correa mengumumkan delapan hari berkabung bagi para korban meninggal dunia yang juga mencakup warga Inggris Irlandia, Kanada, Kolombia, Kuba, dan Republik Dominika.

Menurutnya, upaya tanggap darurat berjalan cepat berkat bantuan 27 negara yang mengirimkan tim-tim penyelamat. Sebanyak 113 orang dapat diselamatkan dari antara reruntuhan puing selama sepekan terakhir. Sejauh ini sejumlah badan kemanusiaan internasional, termasuk World Food Programme, badan PBB untuk urusan pengungsi (UNHCR), Oxfam, dan Save the Children telah mengirimkan bantuan.

Sementara Itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menjelaskan bahwa gempa Ekuador tidak berpotensi tsunami di Indonesia. Gempabumi Ekuador berkekuatan Mw 7,6 terjadi di darat tanggal 17 April 2016 pukul 06:58:36 WIB 0,48 LU 79,78 BB dengan kedalaman 10 km. Berdasarkan hasil analisis dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) memberikan informasi bahwa gempa tersebut kemungkinan berdampak menimbulkan tsunami lokal di sekitar pusat gempa.

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 2 months ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 2 months ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 2 months ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar