Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Aceh, 4 Bangunan Rusak Total Terhempas Puting Beliung

Aceh, 4 Bangunan Rusak Total Terhempas Puting Beliung

Angin puting beliung disertai hujan deras yang terjadi, Selasa (26/4/2016), mengakibatkan sedikitnya empat bangunan perkantoran di Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh rusak total.

Seperti disebutkan Abdurrahman, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bener Meriah, ada empat kantor yang terimbas bencana tersebut, antara lain Kantor Pendidikan dan Pengajaran, Kantor Dinas Sosial yang satu atap dengan Kantor Dinas Koperasi dan UKM, Kantor Inspektorat, Kantor Dinas Petanian Tanaman Pangan dan Holtikultura yang juga satu atap dengan Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian dan Ketahanan Pangan daerah setempat. “Selanjutnya ada satu rumah yang hancur total, korbannya mengalami luka,” kata Abdurrahman.

Dia menambahkan, korban luka dirawat di RSU Muyang Kute, sedangkan total kerugian akibat bencana ini belum diketahui. Oleh karena itu, timnya sedang melakukan pendataan dan kajian cepat agar jumlah kerugian dapat terdata. “Kami akan segera memberikan bantuan masa panik kepada warga yang menjadi korban bencana kemarin,” ucap Abdurrahman.

Mengenai perlunya keterlibatan pemerintah provinsi, dia mengaku akan berkoordinasi dengan pihak BPBA di Banda Aceh apabila diperlukan.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Kompas.com, Rabu (27/4/2016) pagi, puluhan anggota TNI dan Polri serta personel BPBD Bener Meriah dibantu Satpol PP turut serta membantu proses pembersihan dan perbaikan sarana pasca-bencana.

Terkait hal itu, Junaidi, Danramil Wih Pesam Bener Meriah, menjelaskan, anggotanya langsung dirutunkan tidak berapa lama setelah bencana terjadi Selasa sore. Bahkan sampai pagi ini personel TNI dari Koramil dan Batalyon turut serta membantu melakukan proses pembersihan lokasi bencana tersebut. “Jam 8.00 WIB kami sudah bekerja di lokasi bencana bersama masyarakat. Untuk anggota koramil, kami turunkan 30 personel, demikian 15 personel dari Batalyon 114 Satria Musara turut serta,” tutur Junaidi.

Bencana angin puting beliung ini juga menyebabkan para pegawai Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Bener Meriah bekerja sementara di Mess DPRK Bener Meriah, bersebelahan dengan pendopo Bupati setempat.

Sumber: Kompas

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar