Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Cianjur, BPBD Mencatat 40 Bencana Alam Sudah Terjadi

Cianjur, BPBD Mencatat 40 Bencana Alam Sudah Terjadi

Cianjur, Jawa Barat dilanda 40 bencana alam pada empat bulan terakhir. Hal ini megingat cuaca ekstrim sering terjadi dimusim penghujan periode 2016 ini, muali hujan berkepanjangan, hujan disertai angin sehingga memicu terjadinya bencana alam seperti tanah longsor, banjir, maupun puting beliung.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur mencatat sudah 40 bencana alam terjadi di Cianjur, Jawa Barat, dalam empat bulan terakhir, baik itu banjir maupun tanah longsor sehingga periode siaga bencana lebih panjang dibanding sebelumnya. “Untuk banjir ada 9 kasus, longsor lebih dari 38 kasus, sisanya angin puting beliung dan pohon tumbang. Sedangkan bencana alam yang mendominasi bencana longsor dan pergerakan tanah,” kata Humas BPBD Cianjur, Dedi Heryana, pada Selasa, 26 April 2016.

Dia menjelaskan, sepanjang Maret merupakan bulan dimana peristiwa longsor dan banjir paling banyak terjadi dengan total kejadian mencapai 18 kejadian.”Januari sebanyak 16 kejadian, Februari 3 kejadian, Maret 18 kejadian dan April baru 4 kejadian, salah satunya tanah amblas di Cibeber,” katanya.

Sedangkan peristiwa banjir sering terjadi di wilayah dengan dataran rata, seperti Ciranjang, Sukaluyu, Karangtengah serta wilayah di Cianjur selatan. Sementara itu, longsor kerap terjadi di wilayah perbukitan dengan kontur tanah yang labil, seperti di wilayah Cianjur utara dan selatan. “Mayoritas bencana longsor terjadi di dua wilayah tersebut. Bahkan di Cibeber kami sudah pasang alat early warning system, guna mendeteksi adanya pergerakan tanah. Tingginya angka bencana yang terjadi membuat kami memperpanjang status siaga bencana longsor dan banjir tahun ini,” katanya.

Status siaga bencana itu, ungkap dia, akan berakhir 5 Mei, sedangkan tahun lalu status yang sama hanya diberlakukan sampai pertengahan April. “Ini berdasarkan rekomendasi dari BMKG dan imbauan dari Pemprop Jabar, siaga bencana sampai awal Mei. Bahkan jika curah hujan masih tinggi, kemungkinan besar akan diperpanjang,” katanya.

Sumber: Antara

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar