Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

12 Rumah Hanyut Diterjang Banjir Bandang, Jambi

12 Rumah Hanyut Diterjang Banjir Bandang, Jambi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi menyebutkan, banjir bandang di dua kabupaten di provinsi itu merendam banyak rumah dan menghanyutkan 12 rumah warga. Tim dari BPBD terus berupaya melakukan evakuasi dan pendataan pada kabupaten terdampak.

Kepala BPBD provinsi setempat Arif Munandar di Jambi, Jumat, mengatakan banjir bandang di Kecamatan Batang Asai, Pauh dan Limun, Kabupaten Sarolangun Jumat (22/4) malam lalu juga banyak merusak fasilitas umum.

Arif merincikan, di Kecamatan Batang Asai banjir bandang mengahanyutkan tiga rumah dan merendam 77 unit rumah serta merendam satu unit pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH). Di Kecamatan Limun, rumah rusak berat satu unit, rumah terendam 569 unit, merendam sarana pendidikan sebanyak enam unit, sarana Ibadah empat unit, sarana kesehatan satu unit, fasilitas umum satu unit, PLTMH dua Unit, merusak sawah seluas 30 hektare dan menghilangkan ternak dua ekor.

“Sedangkan di Kecamatan Pauh merendam 121 rumah. Beruntung di tiga kecamatan itu tidak ada korban jiwa,” kata Arif.

Arif mengungkapkan, banjir bandang Sarolangun terjadi akibat intensitas curah hujan yang tinggi sejak (21/4) di wilayah Kabupaten Sarolangun bagian Hulu dan menyebabkan meluapnya sungai Batang Limun dengan ketinggian air antara 1-3 meter.

“BPBD menerjunkan TRC dan melakukan evakuasi, penanganan darurat diikuti dengan pendataan. gubernur dan bupati telah memberikan bantuan beras dan makanan siap saji. Saat ini kondisi air sudah surut warga sudah kembali ke rumah masing-masing, namun warga yang rumahnya hanyut sementara ditampung di rumah keluarga mereka,” katanya.

Kebutuhan mendesak untuk warga di Sarolangun yang terdampak banjir bandang yakni, paket sandang, seragam sekolah dan sarung, perbaikan jembatan, jalan dan block culvert, serta perbaikan PLTMH.

Sementara banjir bandang dan longsor yang melanda enam kecamatan di Kabupaten Merangin memakan satu korban jiwa (terseret arus) dan satu korban luka ringan karena di patuk ular saat banjir datang, sedangkan rumah hanyut sebanyak sembilan unit. Banjir bandang dan longsor yang terjadi Selasa (26/4) itu merendam 2.820 rumah, 32 rusak berat dan tujuh unit rusak sedang serta 137 ternak hilang.

Sumber: Antara

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar