Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

BPBD, Gunung Soputan Berstatus Waspada

BPBD, Gunung Soputan Berstatus Waspada

Gunung Soputan yang terletak di Provinsi Sulawesi Utara berstatus Waspada hal ini di ungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Tenggara, Joppie Mokodaser mengungkapkan saat ini status Gunung Soputan berada di level dua atau waspada. “Saat ini untuk status Gunung Soputan telah diturunkan dari sebelumnya berada di level tiga, kini statusnya sudah diturunkan ke level dua atau waspada, seiring mulai menurunnya aktivitas vulkanis dari gunung tersebut,” kata Joppie di Ratahan, Sabtu, 30 April 2016.

Meski statusnya telah diturunkan, menurut Joppie masyarakat tetap diminta untuk tidak melakukan aktivitas di sekitar gunung karena masih cukup membahayakan. “Tetap masyarakat kami minta untuk tidak melakukan aktivitasi di sekitar puncak Gunung Soputan, meski saat ini zona berbahaya sudah diturunkan ke radius 1.5 kilo meter dari sebelumnya 6 kilo meter,” kata Joppie.

Selain itu diungkapkan Joppie, pihaknya juga tetap menyiagakan posko erupsi Gunung Soputan dalam rangka mengantisipasi terjadinya letusan di waktu mendatang. “Posko tetap disiagakan untuk mengantisipasi jika terjadi letusan susulan. Apalagi kita tidak dapat mempredisikan kapan gunung ini dapat meletus kembali,” ungkapnya.

Sementara itu menurut Joppie, jika nantinya aktivitas dari Gunung Soputan mulai menunjukkan peningkatan maka pos pemantau gunung yang berada di Kecamatan Silian akan memberikan peringatan. “Termasuk bisa saja menaikkan kembali statusnya ke level 3 atau siaga,” tegasnya.

Sumber: Antara

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar