Thursday, 27/7/2017 | : : UTC+7
BPBD Kabupaten Blitar – Wlingi

Sinabung Kembali Erupsi, Awan Panas Menyebar

Sinabung Kembali Erupsi, Awan Panas Menyebar

Gunung Sinabung  kembali mengalami erupsi pada Selasa, pukul 10.19 WIB yang menyebarkan awan panas hingga sampai pada Kota Wisata Berastagi, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara

Ketika dihubungi Antara di Medan, Petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Sinabung M Nurul Asrori mengatakan erupsi itu menyebarkan awan panas yang meluncur ke arah selatan dan tenggara sejauh 1.000 meter. Ke arah timur, awan panas tersebut meluncur hingga 2.500 meter. Namun pihaknya tidak mengukur ketinggian kolom abu vulkanik yang menyembur ketika erupsi tersebut berlangsung. “Ketinggian tidak terbaca karena tertutup kabut,” katanya.

Petugas PVMBG Pos Sinabung belum mendeteksi adanya erupsi susulan dari gunung berapi itu. Sebelumnya, Gunung Sinabung mengalami erupsi pada Sabtu (21/5) sambil mengeluarkan awan panas. Awan panas tersebut melukai sembilan warga yang memasuki Desa Gamber, Kecamatan Simpang Empat yang menyebabkan tujuh orang tewas.

Tujuh warga yang tewas itu adalah Karman Meliala (60), Irwansyah Sembiring, Nanin beru Sitepu (50), Leo Perangin-angin (25),Mulia Ginting (45), Ersada Ginting (55), Ibrahim Sembiring (51) yang keseluruhannya warga Desa Gamber. Dua warga lagi dalam kondisi kritis yakni cahaya Sembiring (57) dan Cahaya beru Tarigan (45) yang kini dirawat di RSUP Adam Malik di Medan.

Sementara itu, semburan debu vulkanik erupsi Gunung Sinabung yang terjadi Selasa, pukul 10.19 WIB sampai ke Kota Wisata Berastagi, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. “Selain itu, juga meluas hingga ke Kecamatan Namantran, Kecamatan Merdeka, dan Kecamatan Berastagi,” kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo, Jhonson Tarigan dihubungi dari Medan, Selasa (24/5).

Kota Berastagi tersebut, menurut dia, hingga sore ini (Selasa, 24/5) masih kelihatan diselimuti debu erupsi Gunung Sinabung, meskipun tidak begitu tebal. “Warga masyarakat yang ingin bepergian ke luar rumah terpaksa harus menggunakan masker pengaman penutup mulut untuk menghindari agar tidak terkena infeksi saluran pernapasan akut (Ispa) yang membahayakan itu,” ujar Jhonson.

Ia menjelaskan, petugas Dinas Kesehatan membagi-bagikan masker pengaman kepada masyarakat untuk menghindari debu vulkanik yang terus beterbangan di Kota Berastagi. Bahkan, sebahagian rumah warga dan mobil pribadi yang melintas dan lalu lalang di jalan raya di kota tersebut, juga kelihatan tertutup debu erupsi Gunung Sinabung. “Debu vulkanik erupsi Gunung Sinabung juga terjadi di Desa Gajah, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo. Siswa dan guru di daerah tersebut mengenakan masker pengaman untuk melaksanakan aktivitas,” ucapnya.

Sumber: Antara

Bagikan ke Akun Jaringan Sosial :

FacebookTwitterGoogleTumblrPinterest


About

Redaksi bertugas sebagai penyunting dan penerbit sekaligus editor untuk isi dari semua website yang ada dihalaman website BPBD Kabupaten Blitar, sekaligus bertanggungjawab atas keterangan semua isi berita yang telah diterbitkan. Mengatur penjadwalan penerbitan berita dan mendesain isi berita agar menarik dan komunikatif. Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi untuk mengirimkan informasi maupun berita agar diterbitkan di halaman website BPBD Kab Blitar ini bisa langsung mengirimkan email ke redaksi@bpbdkabblitar.info untuk lebih lanjutnya akan ditinjau ulang dan diterbitkan.

Kabupaten Blitar memiliki, luas wilayah ±1.588,79 Km², 22 Kecamatan, 248 Desa/Kelurahan serta jumlah penduduk 1.116.639 . Secara Geografis terletak pada 112°19'32"E Bujur Timur dan 8°4'43"S Lintang Selatan.

Ikuti Kami

  • 100 ribu orang terdampak banjir di NTB, sebagian ditampung di lantai dua masjid-masjid https://t.co/sMK8gSSDLh https://t.co/oXPZG38J7G - https://t.co/sMK8gSSDLh 1 month ago

  • Beberapa Bencana Alam Yang Terjadi pada Akhir Tahun 2016 https://t.co/hQ7z8DQ1Em https://t.co/z2v7pdLuIg - https://t.co/hQ7z8DQ1Em 1 month ago

  • Sering gempa, warga Aceh ‘harus siap hidup bersama bencana’ https://t.co/XYdGn2wZPM https://t.co/6EsvknuIVt - https://t.co/XYdGn2wZPM 1 month ago

Galeri Kami

    Kontak Kami

    Kontak

    Email: admin@bpbdkabblitar.info

    Phone: 0342- 692819

    Fax: 0342- 692819

    Address: Jl. Bromo No.3 Wlingi - Blitar